Connect us :

Phone: (024) 355-2555

Technopreneurship Philosophy and Survival During The Covid-19 Pandemic

Dr. Harries Arizonia Ismail, M.M., M.Kom
(Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis)
Technopreneurship Philosophy

Di tengah pandemi Covid-19 ini Universitas AKI khususnya Fakultas Ekonomika dan Bisnis mengadakan Webinar dengan tema “Technopreneurship Philosophy and Survival During The Covid-19 Pandemic” pada Rabu, 5 Agustus 2020. Webinar diadakan melalui aplikasi zoom dan disiarkan secara langsung di kanal youtube Universitas AKI. Pemateri pertama adalah Dr. Harries Arizonia Ismail, M.M., M.Kom selaku Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Pemateri kedua adalah Drs. Michael Koks, M.B.A yang berprofesi sebagai technopreneur dan dosen tamu di Universitas of Phoenix, Arizonia, USA. Webinar ini dimoderatori oleh Reza Maleachi, B.Bus., M.Fin yang merupakan dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis sekaligus alumnus dari RMIT University, Australia.

Susunan acara Webinar antara lain: doa pembukaan, video pembukaan dari Universitas AKI, sesi pemaparan materi oleh kedua narasumber, sesi tanya jawab dan doa penutup. Sesi pertama pemateri adalah Dr. Harries Aizonia Ismail, M.M., M.Kom mengenai “Technopreneurship Philosophy”. Beliau menyampaikan filosofi dari kewirausahaan berbasis teknologi (technopreneurship). Tujuannya adalah menyampaikan dasar kewirausahaan (entrepreneurship), mengingatkan dan membangkitkan kembali semangat kewirausahaan karena sejak pandemi Covid-19 banyak usaha yang mengalami kebangkrutan. Materi yang disampaikan dimulai dari definisi sederhana mengenai kewirausahaan yakni proses menciptakan sesuatu yang baru dan siap menghadapi ketidakpastian atau resiko-resiko yang ada. Technopreneurship itu sendiri adalah entrepreneurship yang memasukkan unsur teknologi di dalam proses bisnis dan usaha yang dijalankannya. Technopreneurship juga harus dibangun dengan pendekatan menyeluruh dengan mengkolaborasikan budaya inovasi dan kreativitas, konsep inkubator bisnis, penelitian dan pengembangan, manajemen pengetahuan dan organisasi pembelajaran didukung oleh kapabilitas wirausahawan itu sendiri.

Drs. Michael Koks, M B.A
Survival During the Covid-19 Pandemic

Sesi kedua dibawakan oleh Drs. Michael Koks, M B.A yang memaparkan materi “Survival During the Covid-19 Pandemic” atau cara mempertahankan bisnis selama Pandemi Covid-19. Pertama membahas tentang kewirausahaan yang adalah “manajemen perubahan” yang mendorong sebuah ide untuk pada akhirnya menghasilkan “arus kas bebas” yang berkelanjutan dan dapat diprediksi. Cara bertahan selama Pandemi Covid-19 antara lain pertama memiliki kemampuan kepemimpinan (leadership) yang tangguh, memikirkan apa rencana bisnis yang ingin dibuat, identifikasi solusi dengan target market, mengidentifikasi peluang yang ada serta tantangannya hingga penyusunan rencana bisnis (business plan) yang tepat. Melalui hal ini jika diaplikasikan dengan baik harapannya akan mampu bertahan bahkan dalam masa krisis sekalipun.

Setiap sesi yang dibawakan oleh narasumber memberikan gambaran baru mengenai hidup berwirausaha yang baru di masa new normal. Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi pola hidup orang banyak termasuk dalam kegiatan berwirausaha. Kondisi seperti ini selayaknya mendorong para pelaku wirausaha semakin teguh dan gigih dalam melakukan inovasi yang baru, mengintegrasikan platform berbasis online dalam kegiatan bisnisnya dan menjalankan manajemen portofolio yakni tidak hanya berpijak pada satu bisnis saja. Webinar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para peserta yang mengikuti Webinar. Acara ditutup dengan penyampaian kesimpulan oleh moderator.

 

Recording pelaksanaan Webinar : “Technopreneurship Philosophy and Survival During The Covid-19 Pandemic”

Comments are closed.
error: Content is protected !!