Connect us :

Phone: (024) 355-2555

Fakultas Psikologi

Fakultas Psikologi

Kemajuan pesat IPTEK dan perkembangan ekonomi Indonesia pada khususnya maka semakin kompleks permasalahan yang dihadapi manusia. Penguasaan teknologi dapat mempercepat kemajuan suatu masyarakat. Disadari atau tidak, era globalisasi ikut mempengaruhi kehidupan dalam masyarakat, merupakan pemicu persaingan bagi perilaku individu yang sehat dan perilaku yang tidak sehat. Oleh karena itu masyarakat memerlukan tenagatenaga yang terampil dan handal di bidang Psikologi untuk membantu masyarakat menumbuhkan, memelihara, dan memulihkan kebahagiaan hidup di dalam kemajuan teknologi dan ekonomi.

Fakultas Psikologi memberi kesempatan bagi Mahasiswa untuk menjadi seorang sarjana psikologi yang profesional dan siap menghadapi tantangan hidup yang semakin kompleks. Untuk menunjang kualitas proses belajar, Fakultas Psikologi bekerja sama dengan rumah sakit, sekolah-sekolah, instansi pemerintah dan swasta, guna kuliah praktek mahasiswa secara nyata. Selain itu dilengkapi sarana laboratorium Psikodiagnostik dan eksperimen

Konsentrasi

  1. Psikologi Bisnis 
    • Mahasiswa mampu menjadi pelaku usaha atau bisnis yang menjalankan dan mengembangkan usahanya dengan mengandalkan kemampuan ilmu pengetahuan psikologi. Mahasiswa diajarkan untuk lebih mengenal perilaku konsumen, manajemen sumber daya manusia, menjadi seorang enterprenuer yang mampu bersaing di masyarakat. Mahasiswa mendapatkan materi perkuliahan langsung dari para pakar dan praktisi di bidangnya seperti motivator, entrepreneur atau pengusaha sehingga memberi wacana kepada mahasiswa mengenai kesuksesan yang diraih, kendala-kendala maupun hambatan yang dihadapi hingga pada akhirnya menjadi sukses.
  2. Psikologi Teknologi
    • Mahasiswa mampu mengandalkan kemampuan ilmu pengetahuan dibidang psikologi dan teknologi sehingga diajarkan membuat web layanan konsultasi dan forum psikologi, selain itu juga diajarkan membuat animasi untuk bidang psikologi, misalnya membuat alat ukur potensi seseorang (berdasarkan pada teori – teori psikologi), mahasiswa diajarkan untuk membuat alat ukur tingkat konsentrasi, kemampuan dasar membaca anak, mengenal tipe belajar (audio, visual, kinestetik), multiple intelegensi atau kemampuan intelegensi yang berkembang lebih dominan, membuat media pembelajaran yang menarik seperti mind mapping, dan sebagainya.

Fasilitas 

Fakultas Psikologi Semarang memiliki gedung yang luas. Dilengkapi dengan ruang kuliah nyaman, perpustakaan dengan koleksi yang memadai, dan fasilitas internet/hot spot di area kampus. Fakultas psikologi juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dengan multimedia, ruang konsultasi, ruang kegiatan mahasiswa, dan sarana olah raga.

Laboratorium Psikologi 

Laboratorium psikologi berfungsi sebagai media untuk melatih dan mengembangkan kemampuan mahasiswa di bidang psikologi. Program laboratorium meliputi praktek dalam bidang psikodiagnostik, konseling, analisis data maupun penelitian di bidang psikologi dan pengukuran psikologi.

Profil Lulusan 

Mahasiswa lulusan Fakultas Psikologi bekerja di berbagai bidang seperti lembaga pemerintah, perusahaan swasta, badan usaha milik negara, sosial, bidang sumber daya manusia, dan pengembangan organisasi. Sebagian lagi ada yang bekerja dalam bidang pendidikan sebagai tenaga edukatif, konselor atau terapis. Selain itu,beberapa lulusan melanjutkan studi ke jenjang magister di dalam dan luar negeri.

WhatsApp chat
error: Content is protected !!