Connect us :

Phone: (024) 355-2555

Psikologi UNAKI Berbagi Semangat di Skadron 31/Serbu

Fakultas Psikologi
Berbagi Semangat di Skadron 31/Serbu

Fakultas Psikologi Universitas AKI Semarang kembali memberikan kontribusi pada masyarakat di tengah situasi pandemi. Kali ini Fakultas Psikologi memenuhi undangan dari Skadron 31/Serbu PENERBAD TNI AD Semarang untuk berbagi ilmu dan wawasan kepada para anggota Skadron 31/Serbu. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 12 Agustus 2020, dimulai pukul 08.30 WIB, berlokasi di LANUMAD Ahmad Yani Semarang.

Latar belakang diadakan kegiatan ini berawal dari kecemasan para prajurit Skadron 31/Serbu setelah kejadian kecelakaan yang menimpa salah satu helikopter, yang juga sempat menewaskan 4 anggota prajurit dari kesatuan mereka. Oleh karena itu, pihak Skadron 31/Serbu meminta bantuan Fakultas Psikologi UNAKI untuk memberikan wawasan dan informasi kepada prajurit terkait kondisi yang cenderung dialami oleh mereka sebagai dampak dari kecelakaan tersebut. Di samping itu, Tim Fasilitator Fakultas Psikologi UNAKI, yang terdiri dari Dosen dibantu mahasiswa mengajak para prajurit untuk mengikuti game outdoor, yang tujuan utamanya sebagai pembelajaran dalam beraktivitas di lingkup pekerjaan para prajurit Skadron 31/Serbu saat ini.

Aktivitas di hari itu dimulai dengan sambutan dan perkenalan dari pihak Skadron 31/Serbu, oleh Letkol CPN I Made Puput Wikrama dengan Tim Fakultas Psikologi UNAKI, diwakili oleh Ibu Alice Zelawati, M.Psi., Psikolog, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Ibu Lucy Hariadi, M.Psi. dengan topik Post Traumatic Stress Disorder lebih kurang selama 2 jam. Setelah pemaparan materi, outdoor activity mulai dipersiapkan yang dimoderatori oleh ibu Illuminata Rheny, M.Psi., Psikolog, dimana peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan diarahkan untuk berjalan ke arah pos-pos permainan yang telah disiapkan. Menariknya, nama pos-pos permainan ini disesuaikan dengan sikap mental yang harus dibentuk oleh para prajurit untuk menghadapi tuntutan pekerjaan mereka. Trust Area (Rasa percaya sepenuhnya pada rekan atau tim), Initiative Area (menganalisa dan memunculkan suatu ide kreatif yang menghasilkan aksi nyata), Integrity Area (Dedikasi terhadap tugas, prinsip yang kuat, dan bertanggung jawab secara moral), dan pos terakhir Spirit Area (Membangun hidup penuh warna dan kegembiraan).

Kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian masyarakat Tim Fakultas Psikologi UNAKI, khususnya sebagai rasa kecintaan terhadap berbangsa dan bernegara dengan memberikan kontribusi pada para prajurit TNI AD agar mereka lebih termotivasi dan semangat untuk menjaga NKRI.

“Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama. Tetaplah bersemangat seperti harimau.
Gapai cita cita, wujudkan Indonesia yang aman dan bersatu dalam persaudaraan.”
Comments are closed.
error: Content is protected !!