Connect us :

Phone : (024) 355-2555

Unaki Menerima Mahasiswa Baru Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Pada tahun akademik 2021/2022 ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menugaskan beberapa perguruan tinggi di Indonesia termasuk Universitas AKI untuk menyelenggarakan Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Program Rekognisi Pembelajaran Lampau adalah proses pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang di masa lampau baik melalui pendidikan formal maupun non-formal. Dengan kata lain, pengalaman yang dimiliki seseorang dapat direkognisi dan disetarakan dengan matakuliah tertentu dengan memperhatikan capaian pembelajaran matakuliah tersebut sehingga dengan pengakuan tersebut, seseorang bisa menyelesaikan pendidikan jenjang sarjana  dalam waktu lebih singkat dari waktu studi normal.  Bagi mahasiswa yang mendaftar dan diterima dalam progam ini nantinya akan diberikan bantuan subsidi biaya kuliah selama satu semester.

Universitas AKI ditugaskan untuk menyelenggarakan program Rekognisi Pembelajaran Lampau ini untuk lima program studi yaitu Program Sarjana Manajemen, Program Sarjana Akuntansi, Program Sarjana Sistem Informasi, Program Sarjana Teknik Informatika dan Program Sarjana Psikologi.

Dr. Tri Purwani, S.E., M.M selaku Rektor menjelaskan bahwa program RPL ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada masyarakat untuk melanjutkan pendidikan formal atau menyetarakan dengan kualifikasi tertentu berdasarkan pada pendidikan formal, nonformal, informal, maupun pengalam kerja. Lebih lanjut Rektor menyampaikan bahwa di tahun akademik ini, Universitas AKI menawarkan program RPL Tipe A1 dan A2. Tipe A2 ditujukan bagi calon mahasiswa yang menginginkan pengakuan atas capaian pembelajaran yang diperolehnya melalui pendidikan formal sedangkan tipe A2 ditujukan bagi calon mahasiswa yang menginginkan pengakuan atas capaian pembelajaran yang diperoleh melalui pendidikan nonformal, informal dan pengalaman kerja.

Comments are closed.
error: Content is protected !!