Connect us :

Phone : (024) 355-2555

Webinar Novel Unboxing : Making Money From Love Story

Indah Arvianti, S.S., M.Hum
Dekan Fakultas Bahasa dan Budaya

Rabu, 23 Maret 2022 pukul 14:00 – selesai, Himpunan Mahasiswa Fakultas dan Budaya Universitas AKI mengadakan acara Webinar Novel Unboxing yang bertemakan “Making Money from Love Story”. Seluruh peserta acara berjumlah 208 dari berbagai universitas, dan sekolah. Peserta acara ini berasal dari mahasiswa Universitas AKI, Universitas Flores, Universitas Pekalongan, Universitas 17 Agustus Semarang, Universitas Indraprasta, Universitas Widya Dharma Klaten, UIN Sunan Ampel Surabaya, Universitas PGRI Semarang, Universitas Islam Sultan Agung, UIN Malang, Universitas Dian Nuswantoro, UMNU Malang, STKIP Babunnajah, Universitas Ahmad Dahlan, SMAN 2 Semarang, SMAN 3 Semarang, SMKN 11 Semarang, dan SMAN 1 Toraja. Acara ini dilaksanakan secara daring dirumah masing-masing melalui Zoom Meeting dan secara live streaming melalui channel YouTube Universitas AKI. Pembicara dalam acara ini adalah Kak Mia Chuz, seorang penulis novel Best SellerWedding Agreement” dan Ahmad Muhid S.S., M.Hum, Dosen Fakultas Bahasa dan Budaya. Tujuan dari diselenggarakannya webinar ini adalah memberikan pengetahuan tentang bagaimana menghasilkan income dari sebuah karya sastra, dalam hal ini novel, serta menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengetahui bagaimana menciptakan sebuah karya tulis berupa novel romance atau jenis  novel lainnya.

 Kak Mia Chuz  – Novelis

Pemateri inti pada webinar ini yaitu Kak Mia Chuz  atau nama lengkap beliau adalah Eria Chuzaimiah adalah lulusan Fakultas Teknik Industri Universitas Andalas. Beliau adalah seorang novelis, dengan karya2 diantaranya “Weding Agreement” yang merupakan novel pertama beliau yang kemudian difilmkan pada Agustus 2019 oleh Starvision. Selain ditayangkan di Indonesia, film tersebut juga ditayangkan di negara tetangga, seperti Malaysia, dan akan segera ditayangkan web seriesnya di Disney Hotstar pada bulan Maret 2022 ini. Novel-novel Kak Mia  yang lain yaitu “Rania (Lantunan Cinta di Sepertiga Malam)”, “Dearest Mai”, “Cinta Anandita”, “After You”, “After Wedding Agreement”, dan “The Manager”. Selain itu, beliau juga menjadi penulis skenario web series “Hidup di Jalan-Nya” yang tayang di YouTube grup band Armada (2021)

Materi yang dibawakan oleh Kak Mia Chuz yaitu 5 hal yang membuat ceritamu memikat. Pertama, memperhatikan tema dalam cerita. Karena tema merupakan suatu hal yang penting dalam menulis sebuah cerita agar mudah diceritakan atau dinarasikan oleh penulis. Kedua, menentukan karakter yang kuat, dalam arti karakter tersebut relate dengan pembaca dan memiliki black story. Selanjutnya menentukan konflik yang menarik. Dengan diawali perkenalan yang berkesan dalam artian pembaca memiliki keterikatan secara emosi dengan cerita tesebut, dapat dengan menyampaikan atau menarasikan momen-momen gelap, resolusi atau bahagia selamanya. Lalu Konflik yang disampaikan berfungsi sebagai penjelasan jalan cerita dan amanat yang ingin pengarang sampaikan, serta ada story telling yang bisa dipelajari dengan membaca banyak buku, latihan, dan memperhatikan wawasan, lingkungan tempat tinggal dan keluarga. Yang terakhir adalah ending, membuat akhir cerita yang memuaskan pembaca, dimana penulis menutup kisah yang mereka ceritakan dan harus mampu menjawab berbagai persoalan yang ditampilkan dalam cerita.

Selanjutnya materi yang disampaikan oleh Ahmad Muhid S.S,. M.Hum, dosen FBB UNAKI. Boleh dikatakan beliau adalah seorang sastrawan. Materi yang disampaikan yaitu Religiusitas dalam Love Story yang memiliki konsep Duice Of Utile, dimana cerita harus menarik dan berguna bagi kehidupan. Love Story is always interesting & money making. Contohnya pada novel, tragic love story/cinta yang tragis yaitu novel Romeo and Juliet dalam ceritanya mereka saling mencintai namun berakhir dengan bunuh diri oleh kedua karakter utama. Lalu ada cerita Fateful & Forbidden (takdir dan terlarang) yang menyampaikan sebuah kisah cinta, perselingkuhan, dan politik oleh Raja Claudius dengan Ratu Gertrude. Diakhir materinya beliau menyampaikan sebuah pepatah “love your beloved moderately, perhaps he becomes hated to you someday. and hate whom you hate moderately, perhaps he becomes your beloved someday”

Setelah penyampaian materi oleh kedua narasumber, dilanjutkan dengan sesi games, dimana peserta yang bisa menjawab benar akan diberikan doorprize. Doorprize nya berupa e-money dan akan diserahkan langsung oleh panitia kepada pemenang. Dan untuk peserta teraktif mendapatkan sertifikat khusus. Untuk pemenang games ada 4 orang yaitu: Nur Alda Bhara Nuri,  Magdelna Vivina Taruk, Vivian Riska, Jessie Oktaviana. Dan peserta teraktif ada 3 orang yaitu: Ana Wahyuni, Magdelna Vivina Taruk, Makmeser Kafiar.

Seminar ini adalah wujud kepedulian Himpunan Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Budaya Universitas AKI dalam menambah pengetahuan tentang dunia tulis-menulis novel kepada mahasiwa Fakultas Bahasa dan Budaya, serta para mahasiwa dari universitas lain, dan adanya keinginan untuk dapat berinteraksi antara mahasiswa agar dapat tercipta rasa kekeluargaan, solidaritas dan menghargai satu sama lain. HIMA FBB UNAKI mengharapkan acara ini dapat menjadi sarana dalam mengembangkan bakat dan minat mahasiswa dalam menulis sebuah karya sastra, baik itu novel maupun cerpen.

Comments are closed.
error: Content is protected !!