Connect us :

Phone: (024) 355-2555

Peningkatan Pengetahuan dan Pelayanan Mitra Era New Normal

Program Kemitraan Masyarakat
Universitas AKI

Sebagai wujud peran serta aktif dosen dalam Tri Dharma perguruan tinggi selain pendidikan dan pengajaran, penelitian yaitu pengabdian kepada masyarakat. Tim dosen yang terdiri dari Indah Arvianti, S.S, M.Hum dan Ana Wahyuni, S.Si, M.Kom melalui skim PkM (Program Kemitraan Masyarakat) mendapatkan dukungan pendanaan dari KemRistekBrin tahun anggaran 2020. Pengabdian ini mengangkat judul PkM Model Education Games Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Upaya Konstruktivisme Karakter Anak Bangsa. Kegiatan ini berjalan dengan mengikuti protokol kesehatan di era new normal yang berlangsung pada bulan Maret sampai akhir tahun ini di SD Islam Sultan Agung 3 Semarang.

Bidang masalah yang dipecahkan pada PkM ini yaitu bidang pendidikan bahasa Inggris dan bidang teknologi informasi. Pada bidang pendidikan bahasa Inggris, diberikan pelatihan bahasa Inggris tematik integratif, sedangkan pada bidang teknologi informasi, diberikan kegiatan pelatihan pengoperasian media pembelajaran berbasis multimedia kepada guru Bahasa Inggris di sekolah dan orang tua siswa kelas 1 dalam pendampingan belajar karakter di rumah.  Kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu sosialisasi dan pelatihan mengenai penggunaan buku ajar dan media pembelajaran kepada guru dan orang tua siswa kelas 1.

Pelatihan bagi guru diberikan agar permasalahan keterbatasan waktu mengajar serta jumlah guru yang minim dapat dibantu melalui media pembelajaran software education games. Siswa dapat mengulang pelajaran yang diberikan dengan memutar software tersebut. Dengan software ini siswa dapat belajar sendiri secara berulang dan tidak harus di sekolah. Hal ini tepat dilakukan mengingat dengan pandemi yang sedang berlangsung ini mengharuskan siswa belajar dari rumah secara daring.

Panduan langkah-langkah menggunakan buku ajar ini diberikan dalam bentuk Book Guidance serta panduan dalam bentuk video. Selain itu, pelatihan bagi guru juga disampaikan secara langsung dimana dijelaskan mengenai bagian-bagian dalam buku ajar  yaitu : Konten materi Bahasa Inggris, Materi kearifan lokal dan Penilaian, termasuk juga rincian aktivitas siswa dan dukungan peran aktif orang tua dalam tugas penerapan kearifan lokal.

Sosialisasi kepada orang tua disampaikan secara bertahap untuk menghindari kerumuman sesuai protokol kesehatan. Pada kegiatan ini pengabdi sekaligus menyalurkan pembagian paket pembelajaran Bahasa Inggris kepada orang tua siswa. Diberikan juga buku manual user penggunaan software pembelajaran dan  Manual Book of Local Wisdom English Education Games. Kegiatan pelatihan untuk orang tua diberikan secara daring yaitu melalui video tentang penggunaan buku ajar dan media software pembelajarannya.

Comments are closed.
error: Content is protected !!