Connect us :

Phone: (024) 355-2555

Move On Di Kala Pandemi COVID-19

Move On Di Kala Pandemi COVID-19
Psikologi Unaki

Dampak pandemi COVID-19 berpotensi di berbagai bidang kehidupan, tidak terlepas di aspek aktivitas kerja pendidikan tinggi. Proses perkuliahan dan pengabdian kepada masyarakat menjadi terhambat dan pada akhirnya dibutuhkan strategi untuk terus beraktifitas dan bertugas agar mencapai tujuan yang diharapkan oleh institusi pendidikan tersebut. Universitas AKI merupakan salah satu universitas swasta di Semarang-Jawa tengah yang juga terkena dampak dari pandemic COVID-19 ini. Sejak COVID-19 muncul di Semarang, berbagai kebijakan, baik perkuliahan atau aturan kerja mempengaruhi kondisi dari mahasiswa atau staf pengajar dan karyawannya sehingga menjadikan kondisi ini tidak mudah diprediksi dan terus mengalami perubahan.

Pastinya tidak hanya di Universitas AKI (UNAKI) saja, di institusi atau tempat kerja atau tempat beraktivitas umum juga terkena dampak dari kebijakan dan aturan yang berbeda-beda, sehingga menjadikan semua orang mengalami kecemasan dan aktivitas kerjanya terpengaruh secara signifikan. Fakultas Psikologi UNAKI memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan mengadakan seminar online yang berjudul “Move On Di Kala Pandemi COVID-19” dengan mengusung konsep Psychological Well-being.

Psychological Well-being merupakan suatu keadaan yang berkesinambungan dari kondisi mood positif dan sikap, ketahanan (resiliensi) dan kepuasan diri, keamanan, dan kesehatan mental. Di dalam situasi saat ini, well-being harus dimiliki oleh setiap orang, sehingga di dalam menjalankan aktivitasnya, kondisi mental lebih tertata dan memberikan pengaruh positif ke orang lain. Pada seminar online tersebut, pembicara mengulas tuntas konsep well-being dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga seminar ini tidak terasa monoton dengan penjelasan yang diberikan oleh pembicara.

Kegiatan seminar online ini, sebagai bentuk kontribusi Fakultas Psikologi Universitas AKI Semarang kepada masyarakat di masa pandemic COVID-19 dari sudut pandang psikologis. Pembicara yang dihadirkan adalah para dosen Fakultas Psikologi UNAKI, yaitu Ibu Lucy Hariadi, M.Psi., Psikolog dan Bapak Adhitya Wisnumurti, M.Psi., Psikolog, serta di pandu oleh Ibu An Riwi Widyastuti, M.Psi., Psikolog yang juga Staff Pengajar di Fakultas Psikologi UNAKI. Puji syukur, walaupun kegiatan ini dilaksanakan di ruang virtual, kegiatan ini berjalan lancar di hari Rabu, 15 Juli 20220, pukul 10.00 sampai pukul 12.00 BBWI dan diikuti oleh lebih kurang 150 peserta yang dapat mengakses seminar online ini di Zoom atau YouTube live di akun Universitas AKI. Peserta nya pun dari berbagai daerah dan berbagai profesi.

Kontribusi dan bersinergi tetap harus dilakukan di masa Pandemi ini agar kita mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Kegiatan seminar online ini juga sebagai salah satu bentuk aktivitas pengenalan Universitas AKI yang mengedepankan teknologi dan bisnis sebagai visi dan misi dalam menjalankan aktivitas di perkuliahan.

Comments are closed.
error: Content is protected !!