Connect us :

Phone : (024) 355-2555

Miftah Raih Gelar Duta GenRe Kota Semarang 2021

Miftah Aly Yaqin – Mahasiswa Psikologi
Raih Gelar Duta GenRe Kota Semarang 2021

AULIA Azzumardila Adzra dan Miftah Aly Yaqin, berhasil menyabet gelar Duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Semarang 2021. Melalui proses seleksi ketat, keduanya menyingkirkan puluhan pasang muda mudi yang juga mengikuti pemilihan ini.

Acara rutin pemilihan Duta GenRe yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Semarang, untuk pertama kali digelar di BBPLK Semarang Jalan Brigjen Sudiarto, Minggu (21/3). Tahun sebelumnya, grand final digelar di Aula Rumah Dinas Walikota yang saat ini digunakan sebagai tempat isolasi Covid-19.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Semarang Gurun Risyadmoko menjelaskan, pemilihan duta digelar guna mengembangkan program Generasi Berencana. Program GenRe ini merupakan program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui berbagai pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan.

“Pendewasaan yang dimaksud berupa pembelajaran agar generasi muda mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi,” terangnya.

Untuk itulah, diperlukan adanya proses sosialisasi dan promosi agar tidak semakin banyak anak muda menikah dalam usia dini. Remaja putri diharapkan menikah minimal usia 21 tahun dan remaja putra 25 tahun.

Para duta yang terpilih nantinya merupakan figur motivator dari kalangan remaja. Mereka adalah pemuda-pemudi unggul, berwawasan luas, berjiwa sosial, dan mampu berorganisasi dan berkontribusi dalam membangun generasi berencana untuk mewujudkan pendidikan inklusif dan berkualitas yang setara untuk semua, demi menyongsong pembangunan berkelanjutan di era persaingan global.

“Pemerintah RI sedang berupaya menyiapkan generasi emas dengan bonus demografi di tahun 2045. Sehingga diperlukan anak-anak muda berkualitas yang nantinya akan melahirkan generasi emas di tahun 2045. Program lain yang urgent juga mengenai stunting dimana Duta GenRe juga wajib mensosialisasikan hal ini,” sergahnya.

Aulia dan Miftah menggantikan pasangan Tata dan Vandika yang menjadi juara di tahun 2020. Mereka berhasil lolos tahap karantina dan berhasil menjawab pertanyaan dewan juri yang terdiri dari Gus Wahid (Youtuber dan medsos), Hastaning Sakti (psikolog), Valen (Miss Grand Tourism Indonesia 2021), Bemby (Desainer) dan Priska (Duta Genre 2017).

Vandika sendiri berhasil melaju ke babak 5 besar pemilihan Duta GenRe tingkat nasional di tahun ini. Patut dicatat, wakil-wakil Duta GenRe Kota Semarang hampir selalu mendominasi perhelatan serupa di tingkat Jateng dan beberapa berhasil masuk 3 besar tingkat nasional.

Selamat bertugas Aulia dan Miftah. Salam GenRe!!

 

Sumber : https://galeriwisata.id/aulia-miftah-raih-gelar-duta-genre-kota-semarang-2021

Comments are closed.
error: Content is protected !!