Connect us :

Phone : (024) 355-2555

Family Gatering dan Buka Puasa Bersama HIMA FBB

Family Gathering & Buka Puasa Bersama
HIMA Fakultas Bahasa dan Budaya

Senin, 4 April 2022 Pukul 16.00 – selesai, Himpunan Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Budaya Universitas AKI mengadakan acara FBB Family Gathering yang bertempat di Hall Universitas AKI. Peserta yang hadir pada acara ini merupakan mahasiswa dari semester 2-8. Tujuan dari diselenggarakannya acara ini adalah membangun kembali hubungan komunikasi yang baik antar mahasiswa semester atas dan bawah, sebab selama hampir 2 tahun, pandemi Covid-19 membuat perkuliahan dilaksanakan secara daring, sehingga para mahasiswa belum saling mengenal dengan lebih dekat. Sehingga acara ini diharapkan menjadi sarana komunikasi dan interaksi antar mahasiswa Fakultas Bahasa dan Budaya.

Acara diawali dengan pembukaan, yaitu sambutan dari ketua Himpunan Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Budaya, Anastasya Maria Tjiono. Selanjutnya perkenalan antara mahasiswa, lalu dilanjutkan dengan sesi games. Ada dua games yang dimainkan, yaitu sarung berantai dan pesan berantai. Dalam games ini, peserta dibagi menjadi 2 kelompok, dan dipilih secara acak dari berbagai semester.

Pada Games sarung berantai, para mahasiswa dilatih bagaimana membangun kerja sama tim yang baik, karena setiap tim harus berusaha memindahkan sarung dari satu anggota ke anggota lain tanpa melepaskan tangan, dan permainan juga melatih kemampuan berpikir analisa, karena mereka harus memikirkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan tantangan secepat mungkin. Games yang kedua adalah pesan berantai. Dalam permainan ini peserta dibisikkan satu kalimat bahasa Inggris oleh teman di belakangnya, kemudian orang tersebut harus menyampaikan kalimat yang diberitahukan kepada orang yang berada di depan dan begitu seterusnya. Permainan ini sangat menarik karena dapat melatih kerjasama tim, melatih pengucapan kalimat bahasa Inggris yang benar, serta melatih kecepatan dalam mengingat kalimat yang disampaikan.

Setelah games selesai, perwakilan dari kelompok menyampaikan kesan dan pesannya untuk acara ini. Dalam pesan dan kesan, para peserta menyampaikan rasa kegembiraan mereka karena acara seperti ini dapat membantu menjalin komunikasi yang baik, sekaligus dapat membantu melatih pengucapan bahasa Inggris. Selanjutnya penyerahan doorprize oleh Ketua HIMA FBB, kepada juara 1 dan 2 dan serta penyerahan oleh Wakil Ketua HIMA FBB kepada juara 3 dan juara harapan, dimana juara 3 dipilih berdasarkan siapa yang dapat menjawab pertanyaan, sedangkan juara harapan dipilih berdasarkan kelompok yang menunjukkan yel-yel terseru. Setelah penyerahan doorprize, para mahasiswa berdoa bersama menurut kepercayaan masing-masing dengan membentuk lingkaran dan berkumpul sesuai dengan agama yang dianut. Selesai berdoa, diakhiri dengan buka puasa bersama.

“Perjuangan untuk membangkitkan kembali HIMA FBB yang sudah menetapkan hari jadi ditanggal 22-2-2022 harus dilanjutkan. Karena hanya dengan demikian Fakultas Bahasa dan Budaya mampu meningkatkan jiwa kolaborasi antar mahasiswa yang tentunya bertujuan untuk memaksimalkan diri dan prestasi mahasiswa”, ujar Hana Theresya selaku Ketua HIMA FBB sebelumnya dalam ucapan terima kasih.

Acara Family Gathering membuka sebuah ruang untuk mahasiswa Fakultas Bahasa dan Budaya saling bersilaturahmi dan mengekspresikan diri, serta sebagai sarana kreatifitas dan menumbuhkan rasa percaya diri untuk berkomunikasi di depan umum. Serta membantu membangun kekeluargaan dan rasa saling peduli antar mahasiswa Fakultas Bahasa dan Budaya, sehingga kedepannya dapat semakin solid dan bergandeng tangan untuk membangun Fakultas Bahasa dan Budaya ke arah yang lebih baik.

Comments are closed.
error: Content is protected !!