Connect us :

Phone: (024) 355-2555

Kuliah Pakar : Spellophononetic Rules

Dr. ALim Sukrisno, M.A, Dekan dan Dosen Fakultas Bahasa dan Budaya

Dr. ALim Sukrisno, M.A, Dekan dan Dosen Fakultas Bahasa dan Budaya

Suasana di pagi hari ceria yang ditemani hangatnya sinar mentari, Senin, 12 November 2018, pukul 09.00 WIB, Fakultas Bahasa dan Budaya Universitas AKI menyelanggarakan agenda kebahasaan “Kuliah Pakar” dalam serangkaian Dies Natalies Fakultas dan Universitas. Adapun tema besar tahun ini adalah “Make Your Life Much Better through Linguistics”. Yang tak kalah menariknya adalah sub-tema Kuliah Pakar kali ini, yaitu: “Spellophononetic Rule as a Partial Solution to Our Satanic and Demonic Pronunciation”. Tema ini diambil dari cabang ilmu linguistik yaitu fonetik dan fonologi (Phonetics – Phonology).

Kuliah Pakar : Spellophononetic Rules

Tampil sebagai pembicara pada agenda tersebut adalah Dr. ALim Sukrisno, M.A. Beliau adalah alumnus Macquarie University, Australia yang saat ini sudah purna tugas sebagai tenaga pengajar/ dosen di Universitas Negeri Semarang. Meskipun demikian, beliau masih tetap aktif mengajar di almamater yang telah membesarkan namanya. Beliau sangat konsisten dalam mengajar baik dari segi mata kuliah, waktu dan metode (the way of teaching) yang beliau terapkan di kelas. Tak berlebih rasanya bila beliau disebut “Pendekar fonetik fonologi” karena saking konsistennya beliau dalam mempelajari dan melakukan berbagai penelitian pada cabang ilmu linguistik tersebut.

Selfie dgn Pakar

Spellophononetic (Spelling – Phonology – Phonetics) dalam melafalkan kosakata dalam bahasa Inggris dengan tepat dan akurat baik dari sisi segmental maupun suprasegmental. Sebuah keniscayaan, pronunciation adalah faktor yang sangat penting dalam sebuah bahasa terlebih bahasa Inggris. Salah pengucapan bisa-bisa merubah makna.  Selain itu, peserta juga belajar dan praktek menulis phonetic transcription dengan melakukan “uji nyali” di papan tulis. “Ternyata anda masih banyak yang menulis tuyulic symbols dan melakukan satanic and demonic pronunciation. Oleh karena itu, spellophononetic yang saya ciptakan ini semoga dapat mengarahkan anda untuk kembali ke jalan yang benar agar pronunciation anda lebih syurgawi”. Begitulah kesimpulan beliau sebagai kata penutup presentasinya dengan disambut gelak tawa dan tepuk tangan yang membahana di seluruh penjuru ruangan.

Comments are closed.
error: Content is protected !!