Connect us :

Phone: (024) 355-2555

Kegiatan Makrab Mahasiswa Prodi Perpajakan

Makrab Prodi Perpajakan

Makrab Prodi Perpajakan

Hari kamis, 19 September 2019, semua panitia berkumpul untuk persiapan makrab mahasiswa perpajakan 2019 yang akan dilaksanakan tanggal 20 September 2019. Adapun kegiatan pada saat itu yaitu mempersiapkan/menyusun matras, membeli semua keperluan dan perlengkapan makrab, membungkus doorprice untuk juara dari masing-masing sesi yang akan dilaksanakan dan menyepakati skedul acara.

Hari jumat 20 September 2019, kegiatan makrab dimulai. Pagi jam 07.00 semua peserta dan panitia makrab perpajakan kumpul untuk persiapan makrab. Menyiapkan setia perlengkapan makrab, cek semua perlengkapan, absensi, pembagian kuitansi, pembagian dua kelompok untuk transportasi dan berdoa sebelum pergi menuju tempat makrab. Perjalanan menuju Kodam IV Diponegoro, Sumowono 2 jam dari jam 08.30-11.30. jam 11.30 semua peserta dan pantia tiba di lokasi makrab, tempat yang indah dan sejuk. Tiba dilokasi semua masuk kesalah satu barak yang telah disediakan oleh panitia. Setelah itu panitia mengatur posisi kamar antara kaum pria dan wanita dimana barak pria disebelah kanan dan barak wanita disebelah kiri, serta panitia membagikan matras kepada peserta masing-masing satu. Jam 12.00-13.00 semua peserta dan panitia serta dosen makan siang bersama. Dan dari jam 13.00-14.30 dilaksanakannya upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kaprodi Perpajakan Ika Listyawati, SE., M.Si., Akt.

Kaprodi Perpajakan Ika Listyawati, SE., M.Si., Akt

Kaprodi Perpajakan
Ika Listyawati, SE., M.Si., Akt

Setelah acara pembukaan semua peserta, panitia dan dosen melakukan foto bersama yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan game (sarana untuk menumbuhkan rasa solidaritas antar sesama peserta dan panitia) dimana kegiatan game dilaksanakan dari jam 14.30-17.00.  Adapun game yang dilaksanakan dimulai dengan pembagian kelompok dan pembuatan yel-yel oleh masing-masing kelompok. Disusul dengan mempresentasi yel-yel oleh setiap kelompok. Setelah itu panitia memulai game yang pertama yaitu estafet sarung dan game yang kedua adalah kayu-kayu (human leader) dan game yang ketiga yaitu bola kaki diikat yang dipimpin oleh bagian seksi acara. Setelah kegiatan game semua peserta dipandu oleh panitia untuk bersiap-siap mengikuti seminar yang dibawakan oleh Puji Setya Sunarka, SE, M.Si  sebagai motivator. Namun sebelum acara seminar semua peserta, panitia dan dosen makan malam bersama.

Pembicara seminar Puji Setya Sunarka, SE, M.Si

Puji Setya Sunarka, SE, M.Si
Narasumber

Jam 19.30-21.00 acara seminar pun dilaksanakan dengan materi seminar yaitu pengalaman hidup dari pembawa seminar Puji Setya Sunarka, SE, M.Si. Setelah acara seminar selesai jam 21.00-23.00 masuk ke acara pentas seni oleh setiap kelompok. Yang mana setiap kelompok menampilkan performa yang telah ditentukan oleh panitia. Adapun yang dipentaskan pada pentas seni yaitu stand up Commedi, Drama Romantis, Tarian Daerah, Dance, Paduan Suara, Dongeng, Rayuan Maut, Drama Komedi. Dimana Samuel, Lia dan Kesia Manullang sebagai juri dalam acara pentas seni yang dilaksanakan pada malam pengakraban. Dan setelah acara pentas seni tibalah pada acara api unggun yang dilaksanakan jam 23.00-24.00. setiap peserta dan panitia saling bergandeng tangan mengelilingi api unggun sambil bernyanyi lagu “Kemesraan Ini”. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan antara masing-masing peserta yang ada pada malam itu dan menumbuhkan rasa kepedulian anatara satu dan yang lain. Setelah acara api unggun disusul dengan acara bakar-bakar jagung dan singkong yang semakin menambah rasa kekeluargaan antar peserta dan panitia. Acara ini pun berlangsung dari jam 24.00-01.00.

Setelah acara pada malam hari itu, semua peserta diarahkan untuk beristirahat oleh panitia. Dan pada keesokan harinya tepatnya jam 05.30 semua peserta dan panitia berkumpul dilapangan untuk persiapan acara jalan sehat dengan rute perjalanan dari barak menuju objek wisata bantir hills yang pandu oleh Joshua Evans Engka dan didampingi oleh seksi acara Julchris dan Kezia Marliani serta seksi kesehatan Kesia Manullang dibawah bimbingan para dosen pendamping. Adapun acara jalan sehat yang dilaksanakan dimulai dari jam 06.00-09.00. sepulang dari jalan sehat seluruh peserta diarahkan oleh panitia untuk makan pagi dari 09.00-09.30.

Dari jam 09.30-12.30 masuk ke sesi game yang bertujuan untuk meningkatkan rasa kerjasama dan solidaritas antara masing-masing anggota kelompok. Adapun game yang diselenggarakan yaitu disesi pertama tebak gaya, lipat karung, ingat-ingatan, game ini dilaksanakan dalam tiga pos. dimana pos yang pertama dipimpin oleh Tesa dan Lia, pos kedua dipimpin oleh Antonius dan Tomi, dan pos ketiga dipimpin ole Joshua Evans, Priskila Ayu dan Gabriella.  Dalam game pada sesi kedua dilaksanakan dilapangan secara bersama-sama. Adapun game yang diperlombakan yaitu memindahkan bola dengan benang, estafet karet, ular balon, dan game yang terakhir yaitu jaga lilin.

Setelah sesi game selesai seluruh peserta diarahkan oleh panitia untuk mandi dari jam 12.30-13.00. setelah itu seluruh peserta, panitia dan dosen makan bersama dari jam 13.00-14.00. setelah acara makan siang bersama selesai panitia mengarahkan peserta makrab untuk bersiap-siap mengikuti acara penutupan. Dimana acara penutupan dilaksnaakan dari jam 15.00-15.30 yang dipimpin oleh Sukristanta, SE., M,Si. Adapun acara dalam acara penutupan yaitu pembagian hadiah kejuaran yang berlangsung selama sesi game dan menerima surat pesan dan kesan dari peserta makrab, serta kata sambutan dari pengurus HMJ Perpajakan yang diwakili oleh kak Okta. Setelah acara penutupan selesai semua peserta pun salam-salaman dengan panitia dan dosen.

Dari jam 15.30-16.00 seluruh peserta diarahkan oleh panitia untuk bersih-bersih dan persiapan untuk pulang. Adapun yang dilakukan yaitu seluruh peserta mengembalikan matras kepada panitia, pengangkutan barang-barang dari barak ke dalam bus. Pengembalian peralatan makan oleh panitia kepada pihak catering dan pembersihan sisa-sisa sampah disekitar barak. Setelah acara bersih-bersih selesai semua peserta, panitia dan dosen naik ke bus untuk pulang menuju kampus. Jam 17.30 semua peserta, panitia dan dosen sampai di Universitas AKI dengan selamat.

Comments are closed.
WhatsApp chat
error: Content is protected !!