Universitas AKI

News and Events

12 September 2019 In News and Event

Universitas AKI secara konsisten selalu berupaya melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi termasuk dharma ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat. Di sekitar lokasinya di tengah kota Semarang, terdapat beberapa potensi perekonomian yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan diantaranya adalah beberapa usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Tim pengabdian yang diketuai oleh Dr. Tri Purwani, S.E., M.M dengan anggota Alexander Dharmawan, SE., M.Kom dan Yani Prihati, S.Si., M.Kom berhasil mendapat hibah dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat  (DRPM) untuk melaksanakan program kemitraan masyarakat sesuai dengan kontrak No. 110/SP2SH/PPM/DRPM/2019 Tahun Anggaran 2019. Dengan program kemitraan masyarakat ini nantinya mitra dapat mandiri secara ekonomi dan sosial. Agar memiliki data dan informasi yang lengkap dan akurat sebagai dasar untuk menetapkan program yang akan dijalankan tim secara intensif berdiskusi dan melakukan kunjungan ke lokasi usaha mitra sehingga diharapkan program-program yang dijalankan sesuai dengan kebutuhan. 

Adalah WE Clothing, salah satu UMKM yang bergerak di bidang konveksi termasuk disain dan pembuatan kaos, jaket dan sebagainya yang tahun ini digandeng oleh Tim Pengabdian Universitas AKI untuk tersebut untuk didampingi dan dibantu memperkuat usahanya melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat skema Program Kemitraan Masyarakat. Skema Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk memecahkan masalah secara komprehensif, bermakna, tuntas, dan berkelanjutan.

Program-program yang direalisasikan mulai bulan April 2019 tersebut antara lain adalah pelatihan strategi pemasaran dan pemanfaatan teknologi informasi untuk memasarkan produk, penyediaan tambahan peralatan produksi, disain logo dan upaya perluasan pangsa pasar melalui pengembangan web e-commerce

Dengan tersedianya web pemasaran dan pemesanan, didukung dengan adanya tambahan peralatan produksi serta pengelolaan strategi pemasaran yang semakin baik, area pemasaran WE Clothing semakin luas dan  omzet penjualan mulai meningkat. 

 

11 September 2019 In News and Event

Kegiatan program kemitraan masyarakat ini dimulai sejak awal bulan April hingga bulan ini (September 2019) masih berjalan dengan mitra SDLB Pelita Ilmu Semarang. Sebagai subyek adalah guru dan orang tua sebagai caregiver anak tuna grahita di sekolah tersebut. Tujuan kegiatan ini yaitu meningkatkan pemberdayaan caregiver dalam memberikan pelayanan kepada anak tuna grahita dalam implementasi model pembelajaran karakter dan pengoperasionalan software media pembelajarannya.   

Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini yaitu metode seminar dan pelatihan. Teknik pelaksanaannya dimulai dengan sosialisai program oleh pengabdi kepada sekolah dan sekolah beserta pengabdi kepada orang tua. Kemudian pelaksanaan seminar dan pelatihan. Pendekatan kepada caregivers (orang tua dan guru) melalui pemberian materi/ edukasi dan konseling serta praktek penggunaan buku ajar dan softwarenya. Sebagai tim pengabdian yaitu Alexander Dharmawan, S.T., M.Kom. (Ketua), Ana Wahyuni, S.Si., M.Kom. (Anggota 1) dan Alice Zellawati, M.Psi. (Anggota 2). Kegiatan ini melibatkan mahasiswa sebagai pelaksana di lapangan diantaranya untuk teknisi dan dokumentasi.

Peralatan dalam pelatihan ini yaitu media komputer yang digunakan dalam pembelajaran karakter, belum dapat difasilitasi mitra. Sehingga pelatihan yang menggunakan komputer dilakukan di laboratorium komputer kampus Unaki.  Tidak semua orang tua mempunyai komputer di rumah, tetapi model pembelajaran ini tetap dapat dipraktekkan di rumah dengan media buku ajar yang diberikan pada saat pelatihan. Sedangkan implementasi di sekolah dilakukan dengan media komputer dan software yang dihibahkan kepada sekolah dan akan digunakan oleh siswa dengan pendampingan guru. 

Ucapan terima kasih disampaikan kepada Kemneristekdikti dalam memberikan hibah dalam kegiatan ini dengan no. kontrak 110/SP2SH/PPM/DRPM/2019.