Universitas AKI

News and Events

26 September 2018 In News and Event

Universitas AKI (Unaki) bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah menyelengarakan Workshop Pengembangan Marketing Online Lanjutan Bagi UKM Provinsi Jawa Tengah. Acara yang dibuka oleh Rektor Unaki, Dr. Tri Purwani, SE., MM tersebut berlangsung di kampus setempat Jl. Imam Bonjol 15-17, baru-baru ini.
Dalam sambutannya, Dr. Tri Purwani, SE., MM menyampaikan selama ini Unaki sering bekerjasama dengan Instansi  Pemerintah maupun swasta dalam pengembangan sumberdaya manusia dalam bentuk pelatihan dan workshop.  Untuk workshop kali ini merupakan kelanjutan dari kegitan tahun sebelumnya  tentang  marketing online.  Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015 membawa peluang sekaligus tantangan bagi ekonomi Indonesia.  Dengan di berlakukannya MEA pada akhir 2015, negara anggota ASEAN akan mengalami aliran bebas barang, jasa, investasi dan tenaga kerja terdidik dari dan ke masing-masing Negara, untuk itu UKM khususnya Jawa Tengah harus siap dalam menghadapi tantangan tersebut dan harus selalu berinovasi baik produk maupun strategi pemasaran salah satunya melalui marketing sistem online.
Ir. Gayatri Indah Cahyani, M.Si, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah dalam sambutan tertulisnya mengucapkan terimakasih kepada Unaki selaku mitra dalam pengembagan KUMKM Jawa Tengah, semoga kegiatan ini bisa memberikan akselerasi dalam pengembagan eksport di Jawa Tengah.
Dalam kegiatan yang berlangsung 2 hari, diikuti peserta dari 30 Kabupaten Se - Jawa Tengah merupakan kelanjutan dari workshop tahun sebelumnya. Untuk peserta tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dan itupun tidak semua bisa menjadi peserta workshop karena  keterbatasan kuota. Kebanyakan mereka puas dengan pelaksanaan workshop karena didampingi oleh instruktur-instruktur yang handal dan berpengalaman.
Materi workshop mengunakan tools yang mempunyai kemampuan dalam mengelola konten yang lebih dikenal dengan sebutan CMS (Content Management System). CMS merupakan sebuah aplikasi web memudahkan user dalam pengelolaan konten dalam sebuah WebSite. Dengan adanya CMS yang terintegrasi dengan sebuah WebSite akan memberikan suatu nilai lebih yang akan meningkatkan fungsionalitas dan fleksibiltas dari WebSite tersebut, terlebih pada WebSite yang tujuan pemanfaatannya sebagai media promosi dan membangun citra konsumen, dimana kontinuitas dan inovasi dalam pemasaran produk-produk secara berkala dan berkesinambungan sebagai suatu hal yang memegang peranan penting dalam tercapainya target pemasaran.
Diakhir workshop para peserta sudah mahir mengelola website yang berisi produk-produk unggulan di daerah masing-masing. Dengan marketing online mereka sadar akan diperoleh banyak manfaat yaitu pelanggan dapat mengunjungi website kapanpun dan dimanapun, menjangkau pasar lebih luas, murah dan efisien, serta memudahkan pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan para konsumen.

26 September 2018 In News and Event

Belum lama ini, Universitas AKI melalui UKM PMK mengadakan kegiatan pemeriksaan mata dan pembagian kaca mata gratis untuk warga sekitar kampus di Jl. Imam Bonjol No. 15-17  Semarang. UKM PMK bekerjasama dengan  Glasses For Mission International (GFM) dari Amerika melakukan kegiatan ini dengan tujuan kemanusiaan untuk membantu masyarakat mendapatkan layanan pemeriksaan mata dan pembagian kaca mata secara cuma-cuma bagi warga yang kurang mampu. Warga sangat antusias menanggapi kegiatan tersebut.
Pembuatan kacamata ini dilakukan secara manual. Menurut Ketua PMK Tery Susanto, hal ini menjadi suatu tantangan baru yang menarik bagi anggota UKM PMK, mengingat bahwa pembuatan kacamata tersebut dilakukan tanpa menggunakan mesin, para mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini diajarkan bagaimana cara memanajemen waktu yang efektif antara pembuatan kacamata, pelayanan kepada masyarakat dan pebagian kacamatanya. Sebab yang dialayani dalam kegiatan ini lebih dari 120 orang, sehingga perlu manajemen waktu yang tepat. Koordinator GFM, Mr. Scot Love secara langsung melatih sekaligus mengawasi kegiatan tersebut sejak awal training sampai selesainya keseluruhan acara yang diadakan selama kurang lebih dua minggu.
Harapan dari Suwarno, S.Si, M.Kom selaku Deputi Rektor Bidang Kemahasiswaan, dengan diadakannya kegiatan tersebut diharapkan jalinan kerjasama antara UKM PMK Universitas AKI, dengan Glasses for Mission Internasional (GFM) dapat berlanjut, sehingga kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, tetapi berlanjut di kemudian hari dan menjadi kegiatan rutin yang akan dilaksanakan oleh Universitas AKI.

26 September 2018 In News and Event

Universitas AKI (UNAKI)  mengadakan kegiatan yang terbilang seru dan cukup menarik minat para mahasiswa. Kegiatan ini diberi nama “First Gathering English Club”. Oleh mahasiswa Fakultas Bahasa dan Budaya (FBB) semester V, UKM English Club mulai diaktifkan kembali. Berbekal kemampuan berbahasa Inggris, mahasiswa FBB semester V berbagi ilmu dengan mahasiswa fakultas lain.
Dihadiri oleh 150 penonton sekaligus peserta English Club yang berasal dari berbagai fakultas. Dalam kegiatan ini penonton disuguhi dengan beragam performance seperti sing a song, dance, dan beatbox serta beragam permainan bahasa yang seru. Kecerianaan terpancar diraut wajah mereka.
English Club adalah salah satu dari belasan UKM di Universitas AKI yang terletak di Jl. Imam Bonjol 15-17 Semarang. Sesuai dengan namanya, UKM ini mengajak para mahasiwa untuk belajar bahasa Inggris dengan cara yang seru, menarik,menyenangkan dan mudah dipahami.
Pembina UKM ini menuturkan bahwa English Club dibentuk guna melatih dan memberi wadah mahasiswa agar dapat lancar berbahasa Inggris dengan baik. Seperti kita tahu, bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan warga dunia sabagai sarana komunikasi dengan negara-negara lain.
“Kami menyadari bahwa bahasa Inggris itu sangat penting, apalagi bagi para mahasiswa yang nantinya akan terjun ke dunia kerja, jadi di UKM ini kami semacam mendapat bekal untuk kedepannya. Karena kalau cuma belajar dikelas saja, itu tidak cukup. Dan saya sangat antusias untuk mengikuti English Club selanjutnya.” Ujar salah satu penonton First Gathering English Club
Mewakili pengurus UKM English Club, Gaby menyampaiakan bahwa English Club ini akan diadakan setiap hari Rabu jam 3 sore di Hall baru UNAKI. Dan para pengurus sangat antusias menyambut para peserta baru English Club.
“Belajar bahasa Inggris itu sangat menyenangkan. Kami dari pengurus UKM English Club ingin membangun kesadaran dan memberikan motivasi kepada para mahasiswa UNAKI agar semakin gigih dalam belajar bahasa Inggris”ujarnya sembari menutup kegiatan First Gathering English Club hari itu.

26 September 2018 In News and Event

Kompetensi diri merupakan modal awal seseorang dalam memenangkan kompetisi dalam dunia kerja. Hal ini dikarenakan Suatu perusahaan dituntut untuk menghasilkan produk ataupun jasa yang berkualitas dan kompetitif di pasaran. Seminar kali ini mencoba memotivasi mahasiswa untuk menggali keahlian untuk mendapatkan kompetensi yang diharapkan oleh perusahaan. Dalam acara tersebut sebagai pembicara Bapak Koes Hendrawan Bramasto, Psi dengan mengangkat tema seminar “Tips Meningkatkan Self Competence dalam Menghadapi Persaingan di Dunia Kerja.
 
Peserta Seminar yang tidak hanya dari Fakultas Psikologi, tetapi juga dari fakultas di luar Psikologi baik itu dari  Universitas AKI maupun dari Universitas Diluar Universitas AKI. Para Peserta sangat antusias dalam mengikuti Seminar yang di pandu oleh bapak Ing. Koes Hendrawan Bramasto. Peserta diajak untuk berinteraksi dengan materi yang diberikan oleh pembicara.