Universitas AKI

News and Events

21 December 2016 In News and Event

Pada hari Rabu tanggal 21 Desember 2016 mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra bersama dengan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas AKI (UNAKI)  mengadakan kegiatan studi lapangan ke PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. divisi noodle cabang Semarang yang berlokasi di Jl. Tambak Aji II / 8, Ngaliyan, Semarang. Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 50 mahasiswa, seorang dosen pendamping dari Fakultas Bahasa dan Sastra serta dua orang dosen pendamping dari Fakultas Ilmu Komputer.
Kegiatan ini merupakan sarana bagi mahasiswa dalam rangka mempersiapkan diri untuk siap terjun di dunia kerja. Proses pembelajaran tidak hanya didapatkan di bangku kuliah, namun memungkinkan juga dilakukan dengan studi lapangan perusahaan. Bagi mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra, mereka dapat mengetahui bagaimana proses eksport produk  serta tentu saja kecakapan dalam bernegosiasi dan berkomunikasi dengan kolega-kolega dari luar negri.  Sedangkan bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, kegiatan ini bermanfaat bagi penerapan teknologi informasi di produksi produk.
Rombongan berangkat dari UNAKI menuju perusahaan pada pukul 09.00 WIB dengan menggunakan bus yang telah disediakan oleh PT. Indofood dan sampai di tempat tujuan  pukul 09.45. Setelah melapor dan menunggu beberapa saat akhirnya rombongan diajak berkeliling pabrik untuk melihat proses pembuatan produk mie dari PT. Indofood yang terdiri dari Indomie, Supermie, Sarimie dan Pop Mie. Sayangnya pada waktu itu sedang ada renovasi anjungan tempat pemrosesan mie sehingga rombongan hanya menyaksikan secara langsung proses pengepakan produk. Namun di ruang tersebut disediakan monitor yang menayangkan proses pembuatan mie PT. Indofood sehingga para mahasiswa dapat mengetahui prosesnya meskipun tidak secara langsung.
Sebelum melihat tempat pengolahan limbah rombongan menyempatkan diri berfoto bersama di depan bangunan pabrik yang ada logo perusahaannya. Di tempat pengolahan limbah para mahasiswa bisa menyaksikan sendiri limbah cair pabrik yang telah diolah di bak penampungan sampai bersih sebelum akhirnya dibuang ke selokan. Untuk mengetahui bahwa limbah cair tersebut telah bersih, di tempat penampungan diisi dengan ikan yang tetap dapat hidup. Sedangkan untuk produk mie yang tidak memenuhi standar atau produk cacat dikumpulkan tersendiri lalu digiling dengan mesin sampai lembut seperti bubuk. Limbah ini nantinya dijual kepada peternak ayam atau ikan untuk dijadikan makanan bagi ternak mereka.
Selanjutnya rombongan diajak menuju ke ruang workshop di lantai dua untuk menonton tayangan profil perusahaan lewat layar lebar yang telah tersedia dan mendengarkan penjelasan dari perusahaan yang diwakili oleh ibu Henny dan bapak Dian. Namun sebelumnya rombongan disuguhi indomie yang sudah dimasak untuk dinikmati terlebih dahulu. Setelah menyaksikan tayangan video dan uraian dari perwakilan perusahaan, para mahasiswa dipersilakan mengajukan pertanyaan. Terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan rombongan mengenai produk dan hal-hal yang berkaitan dengan bidang ilmu bahasa Inggris dan komputer. Di akhir kegiatan mahasiswa diminta mengisi kuesioner mengenai produk dan selesai pulalah acara studi lapangan ke PT. Indofood. Para peserta mendapatkan bingkisan produk dari perusahaan sebelum meninggalkan lokasi. Rombongan kembali diantar dengan bus perusahaan di kampus pukul 12.30 WIB.