Universitas AKI

News and Events

29 November 2016 In News and Event


Karya Mahasiswa Unaki di BEKraf Game Prime
BEKraf Game Prime merupakan bentuk evolusi dari Game Developers Gathering (GDG) yang setiap tahun menjadi ajang berkumpulnya para pelaku industri game di Indonesia. Event ini bukan hanya akan menjadi event industri game B2B dan B2C terbesar di Indonesia, akan tetapi juga akan menjadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. BEKraf Game Prime sendiri merupakan proyek kolaborasi terbesar antara Badan Ekonomi Kreatif (BEKraf), Duniaku Network, Asosiasi Game Indonesia (AGI), Dicoding, GemuGemu, KotakGame, Toge Productions, GCM dan IndieGames.com.
BEKraf  Game Prime 2016  di adakan pada tanggal 29 - 30 Nopember 2016, bertempat di Balai Kartini, Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Kegiatan ini diikuti banyak industri game, komunitas game serta startup baik dalam maupun luar negeri juga ikut hadir untuk berkolaborasi diantaranya perusahaan komik, perusahaan animasi, perusahaan advertising, licence dan lain-lain. Event yang diadakan selama 2 hari ini mengelar banyak kegiatan meliputi seminar, workshop, exhibitor booth game, prime connect dan prime awards dengan menghadirkan speaker-speaker yang professional  dan juga dari pelaku industri game

Mahasiswa Universitas AKI juga ikut turut ambil bagian dalam event ini, yaitu Priskila Eka Kurniawati dari program studi Teknik Informatika dan Timious Kardia Yosel Suwarno dari program studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer. Priskila yang biasa dipanggil Ila ini adalah seorang  yang tetap semangat berjuang membuat perubahan yaitu memberi semangat bagi anak anak muda untuk mengembangkan teknologi dan memecahkan masalah yang ada di Indonesia. Walaupun untuk gender wanita, bisa dibilang kurang saat mengikuti event seperti ini hanya ada 3 (tiga) orang, dan Ila salah satu diantaranya. Tapi ia tetap semangat ingin mengembangkan tekhnologi khususnya di industri game. Timious yang biasa dipanggil Timi ini juga seseorang yang semangat untuk mengembangkan game Indonesia. Walaupun masih umur yang cukup muda, tidak patah semangat membuat game-game baru.
Mereka mengikuti kategori exhibitor booth game, yaitu showcase game atau bisa dikatakan pamer game yang pernah dibuat. Tidak hanya exhibitor, Ila juga ikut acara Workshop Unity dengan tema ‘Making a Professional Endless Runner in Unity’. Di workshop ini, Ila mendapat materi mengenai bagaimana membuat game bergenre endless runner yang menarik dan bisa dipublikasikan dalam berbagai platform. Speakernya  yaitu Yi Fei Boon, Field Engineer dari Unity Singapore. Diakhir workshop, speaker memberi tips bagaimana membuat game dengan Unity dengan baik, dan larangan larangan apa yang tidak boleh dilakukan dalam peng-coding-an di Unity agar hasil game maksimal.

24 November 2016 In News and Event

Universitas AKI menyelenggarakan Wisuda ke-36 pada tanggal  24 November 2016 kemarin, bertempat di Ruang Grand Rama, Patra Jasa Convention Hotel Semarang. Sidang senat terbuka tersebut dibuka oleh Rektor Universitas AKI, Dr. Tri Purwani, S.E., M.M. dan dilanjutkan pembacaan SK Rektor tentang pengukuhan lulusan.
Dalam sambutannya, Rektor Universitas AKI Dr. Tri Purwani, SE, MM menyampaikan bahwa Universitas AKI terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pendidikannya dalam rangka mewujudkan pendidikan ke arah yang lebih baik menuju masa depan keberlanjutan. Untuk itu Universitas AKI terus meningkatkan kompetensi lulusan agar lebih kompetitif di dunia kerja. Diantaranya kompetensi pengelolaan jaringan dari CISCO bagi lulusan Fakultas Ilmu Komputer dan kompetensi di bidang perpajakan bagi lulusan Fakultas Ekonomi dengan sertifikat Brevet A dan Brevet B. Rektor juga menyampaikan bahwa mulai tahun akademik 2016/2017 ini, Universitas AKI sudah menerima mahasiswa program studi perpajakan. Program studi Perpajakan ini dibuka untuk memenuhi kebutuhan SDM dengan kompetensi bidang perpajakan yang saat ini masih relatif sedikit. Disamping itu Universitas AKI juga sudah menerima mahasiswa dari luar negeri. Dengan adanya mahasiswa asing ini diharapkan mampu menumbuhkan cara berpikir global agar menjadi lulusan yang semakin kompetitif. Sebagai inspirasi bagi lulusan, Rektor menyampaikan pentingnya pembangunan karakter, karena tuntutan SDM pada tahun 2021 nanti adalah SDM dengan good character yang meliputi trustworthiness, respect, responsibility, caring, citizenship dan fairness. Oleh karena itu Rektor mengharapkan semua lulusan dapat berkarir baik sebagai akademisi, profesional atau technopreneur yang memiliki karakter yang kuat sehingga meraih keberhasilan.
Sementara itu dalam sambutan Walikota Semarang yang diwakili oleh Junaidi, SH, Kasubag Pengendalian Pada Bagian Pembangunan Setda Kota Semarang, menekankan bahwa di era MEA ini para wisudawan harus membekali diri dengan kemampuan siap pakai dan nilai plus yang akan menjadi modal untuk memenangkan persaingan dengan bekal kemampuan akademis yang diperoleh selama kuliah.
Apresiasi positif juga datang dari Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah  yang disampaikan oleh Kepala Bagian kUmum, Hendradi Setiawan, SH, bahwa memilih Universitas AKI sebagai tempat kuliah merupakan keputusan yang tepat, karena lulusan Universitas AKI adalah legal dan sah. Universitas AKI sudah memenuhi dua persyaratan yaitu progdinya telah terakreditasi BAN-PT dan lulusan yang dihasilkan terdaftar di PD-Dikti yang dilaporkan pada setiap semester. Dengan keabsahan ijazah tersebut merupakan modal awal untuk kembali ke masyarakat sebagai generasi unggul.

16 November 2016 In News and Event

 

       HIMAPSI Universitas AKI - Menilik tugas perkembangan remaja, yaitu mengembangkan konsep dan keterampilan yang sangat diperlukan untuk melakukan peran sebagai anggota masyarakat. Individu yang berada pada tahap remaja diharapkan mampu untuk menjalankan tanggung jawab dalam kehidupan sosial. Hal tersebut tampak pada kehidupan organisasi di kampus, para remaja diberikan kesempatan untuk berkreasi dan mengekspresikan diri sesuai minatnya namun dapat berguna bagi kehidupan sosial. Salah satu cara untuk mengekspresikan diri dengan melakukan kegiatan entertainment.
     Salah satu program kerja tahunan dari Himpunan Mahasiswa Fakultas Psikologi (HIMAPSI) Universitas AKI, yaitu mengadakan acara Culture Day, yang tujuannya sebagai ajang mahasiswa untuk belajar mengadakan acara yang bersifat menghibur. Di samping itu, Culture Day juga bertujuan untuk mengenalkan beragam budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Pada tanggal 16 Nopember 2016, HIMAPSI mengusung tema “No Galau with Karo”, mengajak penonton untuk mengenal Budaya Karo, baik dari segi bahasa, kuliner, music, objek wisata, pakaian adat, dan historis Budaya Karo.

       Acara dimulai dengan penyambutan khas Budaya Karo, kemudian dilanjutkan dengan Tari Roti Manis, yang merupakan Tarian Muda-mudi di Karo Tidak ketinggalan, pengisi acara melantunkan lagu-lagu khas Karo, antara lain O Taneh Karo, Family Taksi, dan Mejuah-Juah. Makanan khas Karo tidak lupa diperkenalkan, seperti Tasak Telu, Cimpa Unung-Unung, Cimpa Hekter, Arsik, dan Cipera. Pada akhir acara, panitia mengenalkan pakaian khas Karo. Selama 2 jam penuh, penonton diajak untuk melihat budaya-budaya dari Tanah Karo.
      Kegiatan Culture Day setiap tahunnya mengajak mahasiswa Psikologi khususnya untuk belajar berorganisasi, bagaimana menyusun sebuah acara hiburan. Di samping itu, mengajak untuk terus melestarikan budaya-budaya di Indonesia, karena acara entertainment saat ini yang bertemakan budaya masih jarang ditampilkan ke khalayak ramai.