Universitas AKI

News and Events

English Competition Unaki

24 May 2016 By In News and Event

Untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan berbahasa Inggris para mahasiswa Universitas AKI, Fakultas Bahasa dan Sastra UNAKI mengadakan kegiatan Internal English Competition bagi para mahasiswa UNAKI sendiri. Tema yang diambil adalah From Zero to Hero dengan harapan agar para mahasiswa yang merasa bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa menjadi lebih percaya diri setelah mengikuti kegiatan ini, terutama dalam hal penguasaan bahasa Inggris mereka baik grammar, speaking, listening, maupun writing

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 24 Mei 2016 di kampus UNAKI Jl. Imam Bonjol no. 15-17. Ada empat macam lomba yang diikuti oleh para mahasiswa UNAKI dari berbagai fakultas, yaitu Story Telling, Singing Contest, Fun English, dan FBS’  Got Talent. Khusus untuk mahasiswa FBS tidak boleh mengikuti lomba Story Telling dan Fun English karena selain sebagai panitia, mereka juga dianggap memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang lebih baik daripada mahasiswa dari fakultas lainnya. Sedangkan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Psikologi diperbolehkan mengikuti semua jenis perlombaan.
Pada kesempatan tersebut pihak rektorat dan dosen-dosen Fakultas Bahasa dan Sastra serta  dosen dari fakultas lain juga ikut terlibat sebagai juri dari berbagai perlombaan yang diselenggarakan. Kegiatan tersebut berlangsung kurang lebih dari pukul 09.00 sampai 14.00. Para mahasiswa tampak antusias mengikuti jalannya perlombaan dan terpancar kegembiraan dari raut wajah mereka. Untuk sejenak mereka bisa melupakan kesibukan belajar mereka, meskipun tanpa mereka sadari mereka juga sedang belajar bahasa Inggris secara praktek langsung dalam kegiatan tersebut.

Disela-sela lomba para pembawa acara memberikan pertanyaan-pertanyaan ringan  dalam bahasa Inggris kepada para mahasiswa yang hadir dalam acara tersebut dengan iming-iming hadiah menarik bagi mahasiswa yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar. Pada dasarnya manusia merasa nyaman dan aman untuk terus berada pada comfort zone mereka. Itulah sebabnya manusia enggan keluar dari zona nyaman tersebut karena merasa takut menghadapi tantangan-tantangan baru yang tentu akan membuat tidak nyaman dirinya. Namun demikian, manusia harus memaksa dirinya (atau bahkan kalau perlu dipaksa) untuk keluar dari comfort zonenya agar potensi dirinya tergali.
Kegiatan tersebut diharapkan dapat memicu para mahasiswa untuk lebih berani lagi dalam menghadapi banyak hal baru di kehidupan kampus maupun di masyarakat. Mereka harus belajar menghadapi  suasana apapun yang akan mereka hadapi. Mereka hendaknya berani keluar dari the big box yang selama ini mengungkungnya untuk belajar hal-hal baru di luar. Keadaan berada di outside the box sesungguhnya merupakan pembelajaran yang mestinya dianggap sebagai ‘kunci’ bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri dalam kehidupan-kehidupan selanjutnya.
Pada lomba Story Telling yang menjadi juara pertamanya adalah mahasiswa psikologi, yaitu Fiona El Isa disusul mahasiswa ekonomi, yaitu Yomi dan mahasiswa ilmu komputer, yaitu Rimba Agustina sebagai juara ke dua dan ke tiganya. Untuk lomba FBS’ Got Talent juara pertama adalah band mahasiswa (Albert Umihan, Fiona, Otniel, Yosua, Zakharia), gitar akustik (Albert dan Yesaya),  dan  juara ketiga adalah stand up comedy oleh  Egy dari Fakultas Bahasa dan Sastra. Juara pertama Singing Contest adalah Irene Vania Handayani, mahasiswa dari fakultas ekonomi,  juara ke dua Nancy Lydia mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra serta  Rio mahasiswa dari fakultas ilmu komputer sebagai juara ke tiganya. Sedangkan Fun English diikuti oleh beberapa kelompok yang masing-masing kelompok boleh berasal dari fakultas yang berbeda. Juara pertama dan ke dua adalah mahasiswa dari fakultas ilmu komputer dan sebagai juara ke tiganya adalah mahasiswa fakultas ekonomi.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang oleh Rektor UNAKI  Dr. Tri Purwani, S.E, M.M, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset  Yani Prihati S.Si, M.Kom, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Teknologi Informasi Suwarno, S.Si, M.Kom dan Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra Indah Arvianti S.S, M. Hum. Para pemenang lomba mendapatkan piala, sertifikat dan khusus bagi juara pertama dari tiap perlombaan memperoleh uang pembinaan. Setelah penyerahan hadiah kepada para pemenang, acara ditutup dengan foto bersama para pemenang, panitia lomba, juri dan pihak rektorat

 

 

Read 1334 times Last modified on Monday, 01 October 2018 09:47