Universitas AKI

News and Events

PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT: IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KARAKTER DI SDLB PELITA ILMU SEMARANG

11 September 2019 By In News and Event
Foto salah satu Kegiatan Seminar Pengenalan Media Software untuk Pembelajaran Foto salah satu Kegiatan Seminar Pengenalan Media Software untuk Pembelajaran

Kegiatan program kemitraan masyarakat ini dimulai sejak awal bulan April hingga bulan ini (September 2019) masih berjalan dengan mitra SDLB Pelita Ilmu Semarang. Sebagai subyek adalah guru dan orang tua sebagai caregiver anak tuna grahita di sekolah tersebut. Tujuan kegiatan ini yaitu meningkatkan pemberdayaan caregiver dalam memberikan pelayanan kepada anak tuna grahita dalam implementasi model pembelajaran karakter dan pengoperasionalan software media pembelajarannya.   

Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini yaitu metode seminar dan pelatihan. Teknik pelaksanaannya dimulai dengan sosialisai program oleh pengabdi kepada sekolah dan sekolah beserta pengabdi kepada orang tua. Kemudian pelaksanaan seminar dan pelatihan. Pendekatan kepada caregivers (orang tua dan guru) melalui pemberian materi/ edukasi dan konseling serta praktek penggunaan buku ajar dan softwarenya. Sebagai tim pengabdian yaitu Alexander Dharmawan, S.T., M.Kom. (Ketua), Ana Wahyuni, S.Si., M.Kom. (Anggota 1) dan Alice Zellawati, M.Psi. (Anggota 2). Kegiatan ini melibatkan mahasiswa sebagai pelaksana di lapangan diantaranya untuk teknisi dan dokumentasi.

Peralatan dalam pelatihan ini yaitu media komputer yang digunakan dalam pembelajaran karakter, belum dapat difasilitasi mitra. Sehingga pelatihan yang menggunakan komputer dilakukan di laboratorium komputer kampus Unaki.  Tidak semua orang tua mempunyai komputer di rumah, tetapi model pembelajaran ini tetap dapat dipraktekkan di rumah dengan media buku ajar yang diberikan pada saat pelatihan. Sedangkan implementasi di sekolah dilakukan dengan media komputer dan software yang dihibahkan kepada sekolah dan akan digunakan oleh siswa dengan pendampingan guru. 

Ucapan terima kasih disampaikan kepada Kemneristekdikti dalam memberikan hibah dalam kegiatan ini dengan no. kontrak 110/SP2SH/PPM/DRPM/2019. 

 

Read 38 times Last modified on Thursday, 12 September 2019 23:00