Universitas AKI

News and Events

Teknik Telekomunikasi Prodi Baru di Universitas AKI

12 October 2017 By In News and Event

Universitas AKI kembali membuka program studi baru pada tahun akademik 2017/2018 yaitu Program Sarjana Teknik Telekomunikasi. Program Studi ini dinilai sangat strategis dan sangat dibutuhkan masyarakat.

Program Sarjana Teknik Telekomunikasi Universitas AKI memiliki fokus pembelajaran di bidang telekomunikasi. Pada dasarnya, teknik telekomunikasi adalah suatu teknik atau sistem untuk mengkomunikasikan data atau informasi dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Jadi, Teknik Telekomunikasi bukan hanya tentang pemasangan kabel dan proses terjadinya komunikasi melalui jaringan sinyal radio tetapi juga mempelajari berbagai perkembangan teknologi dibidang telekomunikasi seperti sistem komunikasi seluler dan teknik digital. Selain itu teknik telekomunikasi juga mempelajari cara pembangkitan, pengolahan, penyaluran, dan penyebaran informasi secara efisien dengan memanfaatkan metode sains dan rekayasa. Teknologi Telekomunikasi saat ini berkembang pesat.  Jika semula mayoritas layanan telekomunikasi hanya untuk suara saja, berbagai layanan baru yang sebelumnya tidak terbayangkan, seperti pengiriman data (berupa teks, gambar maupun video), SMS, MMS, E-mail, Fax, Internet, Transfer File maupun Musik, bahkan saat ini game online dapat dinikmati oleh pengguna alat telekomunikasi. 

Operator telekomunikasi seperti Telkom, Indosat, Excelcomm, Telkomsel, dan lain-lain serta berbagai penyedia perangkat telekomunikasi semakin meningkat dalam hal jumlah di samping tuntutan kualitas layanan yang juga harus ditingkatkan. Hal ini berdampak pada kebutuhan sumberdaya manusia yang juga terus meningkat baik dari sisi jumlah maupun kompetensi, di mana kompetensi ini salah satunya diperoleh dari latar belakang pendidikan yang sesuai.

Dengan demikian bukan suatu pilihan yang keliru jika memutuskan untuk melanjutkan kuliah di bidang Teknik Telekomunikasi. Oleh karena belum banyak perguruan tinggi yang menyelenggarakan program sarjana Teknik Telekomunikasi maka lulusannya masih cukup banyak dicari oleh berbagai perusahaan telekomunikasi ataupun perusahaan digital. Pengetahuan dibidang telekomunikasi dan berbagai perkembangannya hingga saat ini menjadi modal utama para lulusan teknik telekomunikasi untuk terjun ke dunia kerja di bidang teknik elektro, manajamen komunikasi dan teknik tenaga listrik.

Program Studi Teknik Telekomunikasi dibawah naungan Fakultas Teknik dan Informatika, telah mendapat ijin dengan terbitnya SK Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 207/KPT/I/2017. Mulai tahun akademik  2017/2018 kami sudah menerima mahaiswa baru," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset Yani Prihati, S.Si, M.Kom.

 

Read 113 times Last modified on Thursday, 12 October 2017 12:04