Universitas AKI

News and Events

14 November 2018 By In News and Event

Untuk lebih meningkatkan kualitas dan mendorong pengembangan pelaksanaan program bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan sumber daya manusia, Universitas AKI melakukan kerjasama dengan Dong Do University Vietnam. Dong Do University adalah lembaga pendidikan tinggi yang terletak di kota besar Hanoi.  Diakreditasi dan diakui secara resmi oleh Kementerian Pendidikan dan Pelatihan, Vietnam. Penandatangan nota kesepahaman (MoU) dilakukan oleh Rektor Universitas AKI Dr. Tri Purwani, S.E., M.M.  dan Rektor Dong Do University Dr. Duong Van Hoa,di Kampus Dong Do University Vietnam, Rabu 14 November 2018.

  “Kerja sama dengan perguruan tinggi asing penting dalam rangka meningkatkan daya saing dan kapasitas akademik serta upaya peningkatan kualitas mahasiswa dan dosen. ,” kata Rektor Unaki Dr. Tri Purwani SE, MM. Kerjasama ini diharapkan mampu meningkatkan, kreativitas, inovasi, mutu, dan relevansi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Sementara itu Dr. Duong Van Hoa berharap kerjasama ini bisa berjalan dengan baik dan akan membawa keuntungan dan kemajuan baik untuk mahasiswa dan tenaga pengajar baik dari Unaki maupun dari Dong Do University.

  Kerjasama yang dijalin antara lain program pertukaran dosen dan mahasiswa, pelatihan penelitian, melakukan penelitian bersama dan berbagi hasil penelitian, kursus gabungan dan program pendidikan, serta konferensi internasional bersama, seminar dan lokakarya. Program kerjasama ini sangat positif untuk memfasilitasi mahasiswa yang ingin mencari pengalaman dan bertukar pemikiran dengan komunitas akademik di luar Indonesia. Bagi tenaga pendidik program ini positif untuk  menambah wawasan dalam program pertukaran tenaga pendidik.

04 December 2018 By In News and Event

Selasa 4 Desember 2018 Universitas AKI menyelenggarakan Wisuda Ke-40 di Hotel Aston. Sidang senat dipimpin oleh Rektor Dr. Tri Purwani, S.E., M.M. Diikukuhkan sebagai wisudawan dengan IPK tertinggi dari yaitu, Windy Angelina Sinaga dari Program Studi Manajemen (IPK 3,69 ), Esther Trifena Winatha dari Program Studi Akuntansi (IPK 3,31), Ezra Yoga Irawan dari Program Studi Teknik Informatika (IPK 3,62), Eliazer Paul Samuel Sitohang dari Program Studi Sistem Informasi (IPK 3,11) dan Erika BR Ginting dari Program Studi Psikologi (IPK 3,75).

Kepada para wisudawan, Rektor mengingatkan bahwa saat ini sudah memasuki era revolusi industri 4.0 yang secara fundamental mengubah kehidupan manusia. Kemajuan teknologi memungkinkan otomatisasi di semua bidang dan memunculkan era disruption yang membawa ke era yang disebut VUCA (volatile, uncertain, complex, ambiguous, yaitu suatu lingkungan yang bergejolak, tidak menentuk, rumit dan serba tidak jelas. Untuk menghadapi era tersebut maka membutuhkan strategi VUCA juga yaitu vision, understanding, creative, dan agile. Untuk itu diharapkan semua wisudawan mempunyai karakter yang kuat dan sikap yang adaptif terhadap perubahan agar berhasil  mencapai kesuksesan.

Turut memberikan sambutan Ketua Yayasan, Handoko Soerjanto, S.E., M.Kom yang menyampaikan harapan agar wisudawan dapat berkarir dan sukses dengan ilmu yang sudah didapat serta harus memupuk karakter yang baik. “Jadilah professional yang melayani. Sukses yang sebenarnya adalah bila mampu memberi dampak yang baik bagi sekitarnya”, demikian disampaikan oleh Ketua Yayasan.

Kemudian sambutan dari Walikota Semarang dalam dalam kesempatan ini diwakili oleh Dr. Soedjono, M.Si selaku Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kota Semarang juga menambahkan bahwa dalam era disruption ini akan muncul lapangan-lapangan kerja baru yang selama ini tidak ada atau baahkan yang selama ini belum terpikirkan. Oleh karena itu beliau mendorong agar mahasiswa bisa ambil bagian didalamnya, sehingga dapat berkiprah membangun kota Semarang.

 

Sambutan Ketua LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah yang disampaikan oleh Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi, Hendradi Sulistiawan, S.H. memberikan apresiasi positif bahwa visi misi Universitas AKI yang menciptakan lulusan yang professional yang unggul dalam berbagai bidang ilmu berbasis teknologi dan bisnis ini sesuai dengan harapan Menristekdikti dan Presiden. Untuk itu diharapkan Universitas AKI dapat memberikan bimbingan dan membukakan jalan agar inovasi mahasiswa dapat mecapai tahap hilirisasi.

 

 

 

10 October 2018 By In News and Event

Dalam rangka mangayubagyo Dies Natalis Fakultas Bahasa dan Budaya Universitas AKI (UNAKI) Semarang yang ke 21 pada tanggal 5-6 Oktober 2018, panitia lomba fakultas menyelenggarakan lomba menyanyi  (SINGING CONTEST). Lomba itu mendapat sambutan yang antusias dari para mahasiswa sehingga mampu menyedot peserta lomba yang cukup banyak hingga 17 peserta yang datang dari berbagai fakultas. 

Karena performa para peserta sangat amazing, lagian pula kemampuannya di atas rata-rata, maka tidak aneh kalau para anggota Dewan Juri mengalami kesulitan untuk menentukan sesiapa yang pantas menjadi jawaranya; meskipun para Dewan Juri yang nota bene berpengalaman dan cukup kompeten dalam khazanah dunia permusikan. Hal ini memunculkan dugaan kuat bahwa para peserta telah memiliki latar belakang dunia tarik suara yang cukup lama dan intens di daerah masing-masing; dari Sumatra, Kalimantan, Jawa, Sulawesi bahkan dari Papua.

Pada tanggal 5 Oktober 2018 diselenggarakan Singing Contest untuk mengeksplorasi minat dan bakat para mahasiswa, diluar (baca: disamping) perkuliahan yang mereka jalani dan geluti setiap harinya guna menimba ilmu pengetahuan. Singing Contest ini juga menjadi ajang bagi mahasiswa untuk berkreasi, berinovasi dan berprestasi. Lagu-lagu yang sesungguhnya adalah puisi-puisi sederhana Bahasa Inggris tentulah sangat lekat dengan disiplin ilmu yang sedang mereka geluti, yakni Bahasa dan Sastra Inggris. Aspek penilaian Singing Contest meliputi suara, performa, style, kostum, kesesuaian musik atau penghayatan. Tanggal 6 Oktober 2018 adalah pengumuman para pemenang Singing Contest. Namun sebelumnya menampilkan bakat dari para mahasiswa diantaranya baca puisi, dance, dan menyayi. Para pemenang mendapatkan trofi, sertifikat serta uang pembinaan yang diserahkan oleh Rektor, Dekan dan Pejabat di lingkungan Universitas AKI. 

Kegiatan yang bersifat fakulter ini sebenarnya adalah rangkaian Dies Natalis Universitas AKI; meliputi lomba badminton, singing contest, gerak jalan sehat serta donor darah. Untuk melengkapi acara dies ini, akan diselenggarakan pula Stadium General dengan mengundang keynote speaker dari UNNES Semarang.

 

29 November 2018 By In News and Event

Republik Indonesia Nomor 1061/KPT/I/2018 tanggal 27 November 2018. Surat Keputusan diserahkan oleh Sekretaris Pelaksana Lembaga Layanan Pendidikan Dikti (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah, Amsar kepada Rektor Dr Tri Purwani di kampus perguruan tinggi tersebut pada Senin (14/1/2019). Dihadiri oleh sivitas akademika, perwakilan dari beberapa sekolah dan mitra Universitas AKI.

Dr. Tri Purwani menyampaikan bahwa dibukanya Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan merupakan respons atas kondisi saat ini. Kebutuhan dan peluang karir di bidang multimedia telah berkembang pesat sejalan dengan semakin berkembangnya teknologi informasi. Di antaranya internet, komputer, kamera, gadget, maupun berbagai perangkat teknologi komunikasi lain. “Agar bisa menemukan peluang atau berkarir di bidang multimedia, kita harus mengubah peran. Dari yang sebelumnya hanya sebagai pelaku konsumtif menjadi produktif di bidang mulltmedia,“ terang Rektor. Dr Tri Purwani menegaskan, Universitas AKI telah siap menerima mahasiswa baru untuk program studi baru ini mulai tahun akademik 2019/2020. Sumber daya yang dibutuhkan telah tersedia, meliputi antara lain dosen, laboratorium multimedia, laboratorium komputer, laboratorium jaringan, dan laboratorium bahasa.

Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan diselenggarakan oleh Fakultas Teknik dan Informatika. Dengan demikian, sampai saat ini Fakultas Teknik dan Informatika menyelenggarakan 4 program studi sarjana. Masing-masing Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Telekomunikasi serta Teknik Multimedia dan Jaringan.  Dalam paparannya, Rektor menjelaskan bahwa Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan mendalami tentang perangkat lunak yang berhubungan dengan teknologi, teknik multimedia, komputer grafis, animasi, dan jaringan komputer. Program studi ini menyiapkan tenaga ahli kompeten yang menguasai pengetahuan dan wawasan berbasis teknik multimedia dan jaringan yang berdaya saing tinggi dan berkemampuan wirausaha. Mengakhiri penjelasannya, Dr Tri Purwani mengatakanpeluang kerja lulusan Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan terbuka luas di berbagai bidang. Ada industri web design dan web content, industri game, industri periklanan, industri perfilman TV maupun layar lebar, industri e-commerce dan media massa serta wirausaha di bidang software multimedia.

Dalam pengarahannya, Amsar menyampaikan bahwa telah terakreditasinya semua program studi di Universitas AKI dengan peringkat B menunjukkan komitmen dari badan penyelenggara dan pengelola untuk menyelenggarakan proses pembelajaran sesuai peraturan perundangan dan standar nasional pendidikan tinggi. Hal ini harus terus dijaga dan ditingkatkan kualitasnya,” tandas Amsar. (*)

Sumber : Tribun Jateng

 

Page 1 of 17