Universitas AKI

News and Events

01 November 2016 By In News and Event

Fakultas Ilmu Komputer – Seminar Teknologi Open Source “Dengan BlankOn kita Move On”

Untuk peningkatan sumber daya manusia yang handal di bidang teknologi informasi khususnya berbasis open source, Fakultas Ilmu Komputer Universitas AKImengadakan kegiatan Seminar bergabung dengan komunitas Sahabat BlankOnpada hari Kamis, 29 September 2016 jam 13.00 sampai 16.00 bertempat di Hall Unaki Jl. Imam Bonjol 16 Semarang. Kegiatan Seminar ini bertemakan “Dengan BlankOn Kita Move On”, yang bermaksud untuk mengajak mahasiswa ataupun peserta didik untuk dapat menggunakan software (perangkat lunak) ataupun sistem operasi yang legal dan gratis untuk dapat diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari. Albert Santoso, M.Kom selaku pembicara dari Fakultas Ilmu Komputer mengenalkan system operasi Linux khususnya distro BlankOn kepada pengguna dan menghilangkan anggapan bahwa Linux itu susah dalam pengoperasian.

Di dalam kegiatan seminar kemarin diadakan demo live dari BlankOn, jadi sekaligus dapat mengenalkan user interface kepada peserta seminar agar lebih menarik. Peserta dari seminar meliputi mahasiswa Universitas AKI, umum serta beberapa perwakilan SMK di Semarang.

Komunitas Sahabat BlankOn Semarang juga menyediakan waktunya untuk dapat mengembangkan komunitasnya di lingkungan kampus Unaki, untuk mahasiswa ataupun peserta dari luar, bisa join di komunitas ini, dengan menghubungi Priskila Eka Kurniawati (08982714771) sebagai koordinator untuk join di komunitas Sahabat BlankOn Semarang.

Di komunitas ini, bisa saling berbagi informasi ataupun teknologi open source yang saat ini berkembang. Untuk informasi lebih lanjut bisa bergabung di Facebook: https://www.facebook.com/groups/blankonsemarang, untuk Workshop terletak di Jalan Bukit Unggul Raya No. 2-4 Sampangan, Semarang.

25 May 2017 By In News and Event

Rektor Unaki Dr Tri Purwani SE MM dan Kepala BNN Jawa Tengah Brigjen Pol Tri Agus Heru Prasetyo - Penandatanganan Naskah Kerjasama Darurat Narkoba

Semarang, Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Tengah dan Universitas AKI (Unaki) sepakat menjalin kerjasama dalam pemberantasan peredaran Narkoba di kalangan anak muda di Kota Semarang. Kepala BNN Jawa Tengah Brigjen Pol Tri Agus Heru Prasetyo mengatakan, kerjasama dengan akademisi Unaki ini penting karena saat ini Indonesia memasuki darurat narkoba.

“Ini menjadi kewaspadaan kita semua yang harus bersama-sama agar korban narkoba tidak makin meningkat. Karena di Jawa Tengah penyalahgunaan narkoba juga terus meningkat setiap tahunnya dan menjadi perhatian bersama,” kata Brigjen Pol Tri Agus usai penandatanganan naskah kerjasama di Kantor BNN Jawa Tengah di Jalan Madukoro Blok BB, Rabu (8/2).

Selama ini BNN Jawa Tengah terus melakukan penyuluhan lewat program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di berbagai sektor. Baik pendidikan, kemasyarakatan, swasta maupun instansi pemerintah.

“Seperti diketahui di dalam kampus sangat banyak anak muda dan ini juga perlu menjadi perhatian bersama. Peredaran narkoba sangat mudah masuk dan merusak generasi muda lewat mahasiswa, dan diharapkan kerjasama ini ada kelanjutannya,” tambahnya.

Rektor Unaki Dr Tri Purwani SE MM menyatakan, sudah sangat lama pihaknya ingin menjalin kerjasama dengan BNN karena kampusnya mempunyai target ikut memerangi narkoba di kalangan anak muda terutama di kampus.

“Generasi bangsa harus kuat, jangan sampai dirusak para pengedar narkoba. Saya juga mempunyai tugas mencerdaskan anak bangsa, jadi tak ingin mahasiswa kami juga terlibat,” tuturnya.

Sumber : http://berita.suaramerdeka.com/bnn-unaki-siap-kerjasama-perangi-narkoba

24 May 2017 By In News and Event

Rektor UNAKI, Dr. Tri Purwani, S.E., M.M. mewisuda mahasiswa di Hotel Aston Semarang, hari Selasa, 23 Mei 2017.

Sebelum mengikuti wisuda, calon wisudawan mengikuti Quality Career (QC) yang diadakan oleh LPPM pada hari Selasa, 16 Mei 2017. QC ini dilaksanakan untuk meberikan bekal kepada calon wisudawan untuk memasuki dan menghadapi persaingan dalam dunia kerja.

Dalam sambutannya Rektor UNAKI mengatakan, untuk mecapai lulusan yang mempunyai daya saing tinggi, UNAKI fokus pada 4 aspek yaitu proses pembelajaran, manajemen perguruan tinggi, iklim/budaya akademik dan penjaminan mutu. Selain itu, untuk menghadapi era digital setiap lulusan harus punya skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja yaitu digital skills, agile thinking ability, interpersonal and communication skills dan global skills.

Dalam sambutannya Rektor juga menyampaikan bahwa pada tahun 2016 UNAKI sudah membuka Program Studi Sarjana Perpajakan. Dan pada tahun 2017 ini UNAKI juga sudah mengantongi ijin untuk penyelenggaraan Program Studi Sarjana Teknik Telekomunikasi.

Sebagai bukti nyata peningkatan kualitas lulusan dalam wisuda ini dilakukan penandatanganan MoU antara UNAKI dengan Kantor Konsultan Pajak Alex dan Rekan untuk program magang kerja mahasiswa. Dengan harapan mahasiswa khususnya dari Program Studi Perpajakan dan Akuntansi akan mendapat pelatihan kerja sebelum terjun di dunia kerja sesungguhnya.

Kemudian sambutan dari Walikota Semarang dalam dalam kesempatan ini diwakili oleh Dr. Soedjono, M.Si selaku Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kota Semarang menghimbau agar para lulusan tidak memiliki mindset bahwa setelah lulus harus selalu bekerja di suatu perusahaan atau kantor. Tetapi mengingat bahwa pencari kerja lebih banyak dari pada lapangan kerja, maka bisa dimulai dengan berwirausaha.

Apresiasi positif juga datang dari Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah yang disampaikan oleh Kepala Seksi Akademik dan Kemahasiswaan, Sumarno, S.E., M.Si bahwa memilih Universitas AKI sebagai tempat kuliah merupakan keputusan yang tepat, karena lulusan Universitas AKI adalah legal dan sah. Universitas AKI sudah memenuhi dua persyaratan yaitu progdinya telah terakreditasi BAN-PT dan lulusan yang dihasilkan terdaftar di PD-Dikti yang dilaporkan pada setiap semester. Disebutkan juga penilaian 4 komponen yaitu sumber daya manusia, kemahasiswaan, akreditasi serta penelitian dan pengabdian menunjukkan peningkatan atmosfir akademik UNAKI berjalan kearah yang baik dan benar.

Dalam wisuda ke-37 ini terpilih sebagai wisudawan dengan IPK tertinggi adalah, Lia Astuti dari Program Studi Manajemen (IPK 3,87 ), Unik Dewi Sukmo dari Program Studi Akuntansi (IPK 3,74 ), Andra Raines Sagita dari Program Studi Sistem Informasi (IPK 3,12), Yonatan Aditya Purnama dari Program Studi Teknik Informatika (IPK 3,53), Jevita Irwan dari Program Studi Sastra Inggris (IPK 3,87 ) dan Novianto Haris Nugroho dari Program Studi Psikologi (IPK 3,52).

30 January 2015 By In News and Event

Lppm Unaki hari, jumat, 23 januari 2015. Menyelenggarakan seminar “peningkatan kualitas dosen bidang pengabdian pada masyarakat (PPM) dan workshop” software Mendeley. Acara ini di ikuti oleh seluruh dosen UNAKI dengan target peningkatan kualitas dan kuantitas proposal PPM yang akan diajukan Ke dikti tahun 2015.

Materi kegiatan dapat di download disini.

Page 1 of 4