Universitas AKI

News and Events

22 October 2019 By In News and Event

Dalam menghadapi persaingan global, kerjasama luar negeri menjadi penting bagi sebuah perguruan tinggi. Oleh karenya untuk lebih meningkatkan kualitas dan mendorong pengembangan pelaksanaan program bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan sumber daya manusia, Universitas AKI melakukan kerjasama dengan Tokyo University of Technology. Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan antara Rektor Universitas AKI Dr. Tri Purwani, S.E., M.M. dengan President Tokyo University of Technology Prof. Isao Karube di Jepang, tanggal 10 Oktober 2019. 

 

Dr. Tri Purwani, S.E., M.M. menyatakan bahwa kerjasama yang dilakukan dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, antara lain dengan program magang, pertukaran mahasiswa, joint program, join research, workshop dan kegiatan lainnya. “Melalui kerjasama ini diharapkan Universitas AKI dapat menambah wawasan dan jaringan kerjasama yang sudah dibangun selama ini. Perguruan tinggi tidak dapat berdiri sendiri, apalagi dalam era globalisasi ini. Peguruan tinggi harus memiliki jaringan kerjasama yang luas untuk meningkatkan mutu pendidikannya” kata Rektor.

 

Selain penandatangan kerjasama juga dilakukan workshop yang diikuti seluruh anggota APTISI VI yang hadir dan dosen Tokyo Uiniversity of Technologi. Dalam workshop ini semua pihak saling bertukar pengalaman dalam melaksanakan kejasama yang saling menguntungkan. 

 

 

 

 

02 October 2019 By In News and Event

Tanggal 26 September 2019 kemarin Universitas AKI, salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Kota Semarang, merayakan dies natalis yang ke-25. Serangkaian acara diselenggarakan untuk merayakan dan memperingati hari jadi perguruan tinggi tersebut. 

Dengan mengusung tema Moving Forward Positive Change, Adhitya Wisnumurti, M.Psi selaku ketua panitia menjelaskan bahwa beberapa kegiatan diselenggarakan dengan melibatkan seluruh sivitas akademika baik dosen, tenaga kependidikan maupun mahasiswa serta siswa-siswi SMA di Semarang dan sekitarnya. Lebih lanjut Adhitya menjelaskan bahwa tema tersebut diambil agar di usianya yang ke 25, Universitas AKI selalu bergerak maju ke arah yang lebih baik.

Beberapa acara dalam rangkaian dies ini adalah adalah seminar bertema Generasi Milenial Siap Menghadapi Tantangan, Lomba Disain Logo, adu bakat menyanyi bertajuk English Singing Competition, dan Kuis Mahasiswa Cerdas. Keluar sebagai juara dalam English Singing Competition adalah Novalia Enus dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis sebagai Juara I, Cristy Grace Br Lumbanraja dari Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi sebagai Juara II dan Venia Aff Fadhillah dari Program Studi Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Budaya sebagai Juara III. Untuk Kuis Mahasiswa Cerdas, Tim Fakultas Teknik dan Informatika berhasil merajai sebagai Juara I dan Tim Psikologi berada di tempat kedua. Sedangkan untuk Lomba Disain Logo, terpilih sebagai Juara Pertama adalah Victoria dari SMK Nusaputera dan Amirudin Yahya dari SMK Ibu Kartini. 

Rangakaian acara dies ditutup dengan kegiatan Jalan sehat dan Performing Art. Acara jalan sehat diikuti  dengan antusias oleh dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Dengan rute melalui beberapa jalan protokol di seputar kampus Universitas AKI, acara jalan sehat telah dengan sukses menjalin kebersamaan antar sivitas. 

Kemeriahan acara Jalan Sehat dilanjutkan dengan Performing Art yang tak kalah meriah dengan acara sebelumnya. Dalam acara ini, ikut menyampaikan sambutannya Rektor Universitas AKI Dr. Tri Purwani, S.E., M.M. Rektor menyatakan bahwa selama ini Universitas AKI telah berkiprah dalam dunia pendidikan, mendukung pemerintah dalam upaya menyiapkan sumber daya manusia yang siap membangun bangsa dan telah berhasil secara signifikan meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan yang ditandai salah satunya dengan diraihnya status terakreditasi peringkat B baik untuk semua program studi maupun untuk institusi. Rektor mengingatkan bahwa capain ini harus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan.

Rektor berharap di usia yang ke 25, seluruh sivitas akademika selalu bekerja cerdas dan bekerja ikhlas untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu membangun generasi muda yang kompeten dan berkarakter. “Karena generasi muda adalah aset yang akan menentukan warna bangsa ini di masa depan”, demikian Dr Tri Purwani menjelaskan. 

Di usianya yang ke-25, Universitas AKISeperti tahun-tahun sebelumnya, dalam puncak acara dies juga diserahkan penghargaan kepada karyawan yang telah bekerja selama 15 tahun di Universitas AKI. Tahun ini terdapat 10 orang yang memperoleh penghargaan yaitu Alexander Dharmawan, S.T., M.Kom, Satrio Agung Prakosa, S.T., Ahmad Muhid, S.S., M.Hum, Dra. Tri Karyanti, M.Hum., Sinta Tridian Galih, S.T., M.Kom., Indah Arvianti, S.S., M.Hum., Asti Hanani, S.E., Pamungkas Yoga, S.H., Tri Sulistiani, S.E., dan Novita Widyanti, S.Kom. Penghargaan langsung diserahkan oleh Rektor, Dr. Tri Purwani, S.E., M.M 

 

 

12 September 2019 By In News and Event

Universitas AKI secara konsisten selalu berupaya melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi termasuk dharma ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat. Di sekitar lokasinya di tengah kota Semarang, terdapat beberapa potensi perekonomian yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan diantaranya adalah beberapa usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Tim pengabdian yang diketuai oleh Dr. Tri Purwani, S.E., M.M dengan anggota Alexander Dharmawan, SE., M.Kom dan Yani Prihati, S.Si., M.Kom berhasil mendapat hibah dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat  (DRPM) untuk melaksanakan program kemitraan masyarakat sesuai dengan kontrak No. 110/SP2SH/PPM/DRPM/2019 Tahun Anggaran 2019. Dengan program kemitraan masyarakat ini nantinya mitra dapat mandiri secara ekonomi dan sosial. Agar memiliki data dan informasi yang lengkap dan akurat sebagai dasar untuk menetapkan program yang akan dijalankan tim secara intensif berdiskusi dan melakukan kunjungan ke lokasi usaha mitra sehingga diharapkan program-program yang dijalankan sesuai dengan kebutuhan. 

Adalah WE Clothing, salah satu UMKM yang bergerak di bidang konveksi termasuk disain dan pembuatan kaos, jaket dan sebagainya yang tahun ini digandeng oleh Tim Pengabdian Universitas AKI untuk tersebut untuk didampingi dan dibantu memperkuat usahanya melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat skema Program Kemitraan Masyarakat. Skema Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk memecahkan masalah secara komprehensif, bermakna, tuntas, dan berkelanjutan.

Program-program yang direalisasikan mulai bulan April 2019 tersebut antara lain adalah pelatihan strategi pemasaran dan pemanfaatan teknologi informasi untuk memasarkan produk, penyediaan tambahan peralatan produksi, disain logo dan upaya perluasan pangsa pasar melalui pengembangan web e-commerce

Dengan tersedianya web pemasaran dan pemesanan, didukung dengan adanya tambahan peralatan produksi serta pengelolaan strategi pemasaran yang semakin baik, area pemasaran WE Clothing semakin luas dan  omzet penjualan mulai meningkat. 

 

11 September 2019 By In News and Event

Kegiatan program kemitraan masyarakat ini dimulai sejak awal bulan April hingga bulan ini (September 2019) masih berjalan dengan mitra SDLB Pelita Ilmu Semarang. Sebagai subyek adalah guru dan orang tua sebagai caregiver anak tuna grahita di sekolah tersebut. Tujuan kegiatan ini yaitu meningkatkan pemberdayaan caregiver dalam memberikan pelayanan kepada anak tuna grahita dalam implementasi model pembelajaran karakter dan pengoperasionalan software media pembelajarannya.   

Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini yaitu metode seminar dan pelatihan. Teknik pelaksanaannya dimulai dengan sosialisai program oleh pengabdi kepada sekolah dan sekolah beserta pengabdi kepada orang tua. Kemudian pelaksanaan seminar dan pelatihan. Pendekatan kepada caregivers (orang tua dan guru) melalui pemberian materi/ edukasi dan konseling serta praktek penggunaan buku ajar dan softwarenya. Sebagai tim pengabdian yaitu Alexander Dharmawan, S.T., M.Kom. (Ketua), Ana Wahyuni, S.Si., M.Kom. (Anggota 1) dan Alice Zellawati, M.Psi. (Anggota 2). Kegiatan ini melibatkan mahasiswa sebagai pelaksana di lapangan diantaranya untuk teknisi dan dokumentasi.

Peralatan dalam pelatihan ini yaitu media komputer yang digunakan dalam pembelajaran karakter, belum dapat difasilitasi mitra. Sehingga pelatihan yang menggunakan komputer dilakukan di laboratorium komputer kampus Unaki.  Tidak semua orang tua mempunyai komputer di rumah, tetapi model pembelajaran ini tetap dapat dipraktekkan di rumah dengan media buku ajar yang diberikan pada saat pelatihan. Sedangkan implementasi di sekolah dilakukan dengan media komputer dan software yang dihibahkan kepada sekolah dan akan digunakan oleh siswa dengan pendampingan guru. 

Ucapan terima kasih disampaikan kepada Kemneristekdikti dalam memberikan hibah dalam kegiatan ini dengan no. kontrak 110/SP2SH/PPM/DRPM/2019. 

 

Page 1 of 19