Universitas AKI

News and Events

12 October 2017 By In News and Event

Universitas AKI kembali membuka program studi baru pada tahun akademik 2017/2018 yaitu Program Sarjana Teknik Telekomunikasi. Program Studi ini dinilai sangat strategis dan sangat dibutuhkan masyarakat.

Program Sarjana Teknik Telekomunikasi Universitas AKI memiliki fokus pembelajaran di bidang telekomunikasi. Pada dasarnya, teknik telekomunikasi adalah suatu teknik atau sistem untuk mengkomunikasikan data atau informasi dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Jadi, Teknik Telekomunikasi bukan hanya tentang pemasangan kabel dan proses terjadinya komunikasi melalui jaringan sinyal radio tetapi juga mempelajari berbagai perkembangan teknologi dibidang telekomunikasi seperti sistem komunikasi seluler dan teknik digital. Selain itu teknik telekomunikasi juga mempelajari cara pembangkitan, pengolahan, penyaluran, dan penyebaran informasi secara efisien dengan memanfaatkan metode sains dan rekayasa. Teknologi Telekomunikasi saat ini berkembang pesat.  Jika semula mayoritas layanan telekomunikasi hanya untuk suara saja, berbagai layanan baru yang sebelumnya tidak terbayangkan, seperti pengiriman data (berupa teks, gambar maupun video), SMS, MMS, E-mail, Fax, Internet, Transfer File maupun Musik, bahkan saat ini game online dapat dinikmati oleh pengguna alat telekomunikasi. 

Operator telekomunikasi seperti Telkom, Indosat, Excelcomm, Telkomsel, dan lain-lain serta berbagai penyedia perangkat telekomunikasi semakin meningkat dalam hal jumlah di samping tuntutan kualitas layanan yang juga harus ditingkatkan. Hal ini berdampak pada kebutuhan sumberdaya manusia yang juga terus meningkat baik dari sisi jumlah maupun kompetensi, di mana kompetensi ini salah satunya diperoleh dari latar belakang pendidikan yang sesuai.

Dengan demikian bukan suatu pilihan yang keliru jika memutuskan untuk melanjutkan kuliah di bidang Teknik Telekomunikasi. Oleh karena belum banyak perguruan tinggi yang menyelenggarakan program sarjana Teknik Telekomunikasi maka lulusannya masih cukup banyak dicari oleh berbagai perusahaan telekomunikasi ataupun perusahaan digital. Pengetahuan dibidang telekomunikasi dan berbagai perkembangannya hingga saat ini menjadi modal utama para lulusan teknik telekomunikasi untuk terjun ke dunia kerja di bidang teknik elektro, manajamen komunikasi dan teknik tenaga listrik.

Program Studi Teknik Telekomunikasi dibawah naungan Fakultas Teknik dan Informatika, telah mendapat ijin dengan terbitnya SK Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 207/KPT/I/2017. Mulai tahun akademik  2017/2018 kami sudah menerima mahaiswa baru," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset Yani Prihati, S.Si, M.Kom.

 

12 October 2017 By In News and Event

SEMARANG -  Setelah melalui serangkaian kegiatan visitasi pada bulan Juli 2017, Program Studi Sistem Informasi Universitas AKI (UNAKI) di Semarang berhasil meraih peringkat akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan No. 2971/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017.

Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan oleh pihak independen di luar lembaga sebagai sebuah upaya pemerintah untuk menjamin mutu proses penyelenggaran pendidikan tinggi sehingga lulusan akan memiliki kompetensi sesuai standar dan sesuai kebutuhan pasar kerja kerja.

“Peningkatan peringkat akreditasi Program Studi Sistem Informasi tersebut menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran dan perbaikan yang berkelanjutan”, demikian disampaikan oleh Sinta Tridian Galih, S.T., M.Kom selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi. Dekan Fakultas Teknik dan Informatika Dr. Harries Ismail Arizonia, S.E.,M.M., M.Kom., menambahkan, perolehan peringkat akreditasi B ini tak lepas dari pengembangan yang dilakukan secara kontinyu di segala aspek. Diantaranya kompetensi dosen, proses pembelajaran dan juga sarana dan prasarana. Ini merupakan tantangan bagi Program Studi Sistem Informasi Universitas AKI untuk terus meningkatkan standarisasi pembelajaran dan sarana prasarana. Dijelaskan, pengembangan kompetensi dosen dilaksanakan melalui studi lanjut, keikutsertaan  dalam seminar dan workshop serta keaktifan dosen dalam kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. 

 

Rektor Universitas AKI Dr. Tri Purwani, S.E., M.M. mengatakan, “Akreditasi menjadi sebuah aset penting untuk menetapkan posisi program studi dalam tataran kompetensi pengelolaan serta merupakan tolok ukur bagi lembaga pengguna produk program studi untuk memastikan lulusan tersebut koompeten karena dihasilkan dari proses pengelolaan yang baik. Oleh karena itu Akreditasi B yang diraih Program Studi Sistem Informasi menunjukkan komitmen Universitas AKI untuk menyelenggarakan pendidikan dengan baik dan berkualitas. Kami akan terus berupaya agar kualitas dan pelayanan tetap terjaga bahkan meningkat. Semoga dengan hasil yang baik ini bisa memotivasi segenap civitas akademika untuk memacu prestasi yang lebih baik sehingga bagi masyarakat bisa menetapkan Universitas AKI sebagai salah satu universitas terpercaya yang dipertimbangkan untuk dipilih.”

 

12 October 2017 By In News and Event

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas AKI (UNAKI)vtelah melaksanakan reakreditasi dan berhasil meraih nilai B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan No. 2781/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017.

Rektor Dr. Tri Purwani, S.E., M.M. mengucapkan selamat kepada Ketua Program Studi Akuntansi Erawati Kartika, S.E., M.SA. atas diraihnya nilai B ini. Rektor juga menyampaikan rasa terimakasih atas seluruh usaha dan dukungan dalam berbagai bentuk dari semua pihak. Kesuksesan ini tak lepas dari pengelolaan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, proses administrasi, pengembangan sarana dan prasarana, kegiatan kemahasiswaan yang berjalan sesuai peraturan perundangan yang berlaku serta pengembangan sumber daya manusia yang baik, sehingga BAN-PT menilai Program Studi Akuntansi layak mendapat nilai B. Perolehan peringkat akreditasi B ini tak lepas dari pengembangan yang dilakukan secara kontinyu segala aspek. Diantaranya kompetensi dosen, proses pembelajaran dan juga sarana dan prasarana. Dijelaskan, pengembangan kompetensi dosen dilaksanakan melalui studi lanjut, keikutsertaan  dalam seminar dan workshop serta keaktifan dosen dalam kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarkat. 

“Peningkatan peringkat akreditasi Program Studi Akuntansi Universitas AKI berkorelasi dengan peningkatan proses pembelajaran dan perbaikan yang berkelanjutan. Ini menunjukkan komitmen semua sivitas serta badan penyelenggara. Kami siap menghasilkan sarjana Akuntansi yang siap kerja dan siap bersaing di masyarakat,”tutur Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Dr. Harries Ismail Arizonia, S.E., M.Kom., M.M. Agar lulusan siap di dunia kerja, lanjut Harries mereka dibekali dengan kompetensi yang mendukung melalui Program Pengembangan Kompetensi (PPK).

 

12 October 2017 By In News and Event

Program studi (Prodi) Psikologi Fakultas Psikologi Universitas AKI berhasil meraih akreditasi B berdasarkan Surat Keputusan (SK) 2187/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2017. “Peningkatan perolehan peringkat akreditasi prodi Psikologi Universitas AKI berkorelasi dengan peningkatan proses pembelajaran dan perbaikan yang berkelanjutan, sebagai komitmen semua sivitas serta yayasan. Program Studi Psikologi siap menghadapi MEA dengan menghasilkan sarjana Psikologi yang siap kerja dan siap bersaing di masyarakat,” tutur Dekan Fakultas Psikologi Alice Zellawati, M.Psi.

Alice menyatakan bahwa perolehan peringkat akreditasi B ini tidak lepas dari pengembangan yang dilakukan secara kontinyu dalam segala aspek termasuk kompetensi dosen, proses pembelajaran dan juga sarana prasarana. Pengembangan kompetensi dosen dilaksanakan melalui studi lanjut, keikutsertaan dalam  seminar dan workshop serta peningkatan keaktifan dosen dalam kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dan publikasi ilmiah. 

Dalam proses pembelajaran, metode pembelajaran diarahkan agar mahasiswa mampu menghadapi kondisi nyata di dunia kerja yang sesungguhnya. Hal ini dilakukan dengan outing class, kunjungan ke Sekolah Luar Biasa, Rumah Sakit maupun perusahaan. Selain itu, fakultas selalu mendorong dan mendukung mahasiswa untuk aktif berkegiatan dan mengembangkan potensi serta meningkatkan prestasi di bidang akademik maupun non akademik. Agar lulusan yang dihasilkan siap bersaing di dunia kerja, mahasiswa dibekali dengan kompetensi yang mendukung melalui Program Pengembangan Kompetensi (PPK). Dari data yang diperoleh melalui tracer study, sebagian besar lulusan langsung terserap di dunia kerja. Sebagian lulusan memutuskan untuk mengembangkan usaha mandiri sebagai efek positif dari pembekalan materi entrepreneurship yang mereka peroleh dalam perkuliahan. Pengembangan sarana prasarana dilakukan melalui penyediaan laboratorium psikodiagnostik, laboratorium eksperimen dan ruang konseling.

Page 1 of 6