Universitas AKI

Sastra Inggris S1

Ditengah pergaulan masyarakat tanpa batas dan perkembangan dunia bisnis yang semakin global, kemampuan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris merupakan syarat yang tidak dapat dielakkan. Fakultas Bahasa dan Sastra bekerjasama dengan lembaga pendidikan bahasa serta instansi pariwisata dan perhotelan, mencetak sarjana Program Studi Sastra Inggris yang berkemampuan akademik dan professional yang berkualitas, namun ditunjang dengan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Sains (IPTEKS) dengan membekali kecakapan ilmu sesuai tuntutan pasar di bidang teknologi informasi (ICT) dan bidang bisnis dengan mengedepankan jiwa entrepreneurship/wirausaha sehingga mahasiswa dapat menghasilkan penelitian berupa karya berteknologi sebagai titik awal bagi mahasiswa untuk berwirausaha yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Dosen Fakultas Bahasa

Early to bed and early to rise, Makes a man healthy, wealthy, and wise.

Benjamin Franklin

 

Visi Program Studi Sastra Inggris

Menjadi Program Studi Sastra Inggris yang unggul berdaya saing nasional pada tahun 2024 dalam bidang bahasa dan sastra Inggris, serta budaya sehingga menghasilkan tenaga kebahasaan dan kesusastraan Inggris yang berkualitas, berdaya saing tinggi dan berbudaya ditunjang dengan penguasaan teknologi dan kemampuan berbisnis atas dasar keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

Misi Program Studi Sastra Inggris

  1. Melaksanakan pengajaran bahasa dan sastra Inggris, serta budaya berwawasan teknologi dan bisnis.
  2. Meningkatkan sumber daya manusia yang kompeten dalam hal pengajaran, penelitian dan pengabdian di bidang bahasa dan sastra Inggris, serta budaya berwawasan teknologi dan bisnis.
  3. Menjalin dan mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan pemangku kepentingan dan instansi baik pemerintah atau swasta

 

Tujuan Program Studi Sastra Inggris

  1. Menghasilkan tenaga kebahasaan dan kesusastraan Inggris yang berkualitas, berdaya saing tinggi dan berbudaya ditunjang dengan penguasaan teknologi dan kemampuan berbisnis.
  2. Menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dalam hal pengajaran, penelitian dan pengabdian di bidang bahasa dan sastra Inggris, serta budaya berwawasan teknologi dan bisnis.
  3. Tercapainya kerjasama yang sinergis dengan pemangku kepentingan dan instansi baik pemerintah atau swasta.

 

Sasaran Program Studi Sastra Inggris

  1. Menghasilkan tenaga kebahasaan dan kesusastraan Inggris yang berkualitas, berdaya saing tinggi dan berbudaya ditunjang dengan penguasaan teknologi dan kemampuan berbisnis
  2. Terciptanya sistem pembelajaran berbasis teknologi dan bisnis
  3. Meningkatkan status akreditasi program studi
  4. Pelaksanaan tata kelola management yang berorientasi pada mutu
  5. Terselenggaranya sistem administrasi yang baik
  6. Menciptakan iklim manajemen pendidikan dan SDM
  7. Meningkatkan keilmuan dosen dan mahasiswa
  8. Tersedianya sarana dan prasarana sehingga tercipta atmosfir akademk yang kondusif antara dosen dan mahasiswa
  9. Tercapainya kerjasama yang sinergis dengan pemangku kepentingan dan instansi baik pemerintah atau swasta.

 

Kurikulum

Kurikulum yang diterapkan tidak hanya berfokus pada keahlian dan kemampuan berbahasa Inggris yang unggul dalam hal kemampuan berkomunikasi, pengalihbahasaan, menghasilkan wacana dalam bidang ilmu bahasa/linguistik, menganalisis fenomena kebahasaan, dan menghasilkan karya sastra seperti puisi, prosa, maupun drama namun ditunjang dengan mata kuliah yang membentuk mahasiswa berkepribadian unggul serta menguasai teknologi dan bisnis sebagai sarana menghadapi persaingan global. Proses belajar mengajar selalu dilakukan dengan menerapkan teknologi dan mahasiswa diminta untuk menghasilkan produk berteknologi, seperti pembuatan games pembelajaran bahasa Inggris, pembuatan animasi dan film. Produk tersebut dapat menjadi titik awal bagi mahasiswa untuk memulai bisnis. Mahasiswa tidak hanya memahami ilmu bahasa, ilmu teknologi, dan ilmu bisnis secara teoritis saja, namun juga dapat menghasilkan suatu karya yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

 

Konsentrasi

    • Linguistik

Sarjana yang mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris, mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pembelajaran bahasa, penerjemahan, dan penulisan wacana lisan dan tertulis, dan menghasilkan karya kreatif berbasis teknologi dan bisnis

    • Sastra

Sarjana yang mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris, mampu menghasilkan karya seni seperti puisi, prosa, dan drama, mampu menerapkan dan menganalisis pengetahuan dan wawasan lintas budaya, mampu menganalisis fenomena budaya dan teks sastra, baik lisan maupun tulis, dan menghasilkan karya sasta berbasis teknologi dan bisnis.

 

Kompetensi Utama Lulusan

  1. Mampu memproduksi wacana tulis dan lisan dalam berbagai ragam sesuai struktur dan kaidah bahasa Inggris
  2. Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pembelajaran bahasa, penerjemahan, dan penulisan kreatif
  3. Mampu menerapkan kaedah berbahasa Inggris yang baik
  4. Mampu menghasilkan karya tulis, seperti tulisan akademik dan puisi, drama dan teater, dan prosa.

 

Kompetensi Pendukung Lulusan

  1. Mampu mengemukakan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis
  2. Mampu menerapkan teori dan metode penelitian bahasa dan sastra
  3. Mampu menganalisis fenomena kebahasaan dalam konteks sosial budaya masyarakat berbahasa Inggris
  4. Mampu menganalisis fenomena budaya, linguistik, dan teks sastra, baik lisan maupun tulis, dalam perspektif linguistik, sastra, dan budaya masyarakat berbahasa Inggris.

 

Kompetensi Lainnya

  1. Mampu berpikir kritis, kreatif, dan inovatif
  2. Memiliki keinginan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dalam hal penelitian
  3. Memiliki jiwa kepedulian terhadap masyarakat
  4. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan menghasilkan suatu karya
  5. Memiliki jiwa kewirausahaan

 

Profil Luluan

Sarjana bidang Sastra Inggris yang menguasai dasar-dasar pemikiran ilmiah dalam mengidentifikasi dan menganalisis masalah di bidang budaya dan bahasa Inggris, mampu berkomunikasi dan memberikan pelayanan pada masyarakat yang terkait dengan bahasa Inggris, serta mampu menerapkan pengetahuan dan wawasan lintas budaya dengan peluang kerja sebagai berikut:

  1. Tenaga profesional dalam bidang bahasa Inggris di segala tingkat pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi
  2. Penterjemah dan interpreter profesional
  3. Peneliti budaya
  4. Sektor pariwisata, perhotelan, eksport import, kesekretariatan
  5. Bidang hubungan masyarakat (public relation)
  6. Instansi pemerintah yang membutuhkan ahli bahasa seperti Kementrian Luar Negeri, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kedutaan besar.

 

Akreditasi

Program Studi Sastra Inggris memperoleh nilai akreditasi B yang berlaku sejak 18 Oktober 2012 sampai 18 Oktober 2017 dari Badan Akreditasi Nasional dengan nomor: 032/BAN-PT/Ak-XV/S1/X/2012 pada tanggal 18 Oktober 2012 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi pada Program Sarjana

You are here: Home Sastra Inggris S1