Universitas AKI

Manajemen S1

Dosen Fakultas Ekonomi

PROGRAM STUDI MANAJEMEN 

Program Studi Manajemen Universitas AKI memiliki keunggulan yaitu mempersiapkan mahasiswa menjadi Technopreneur . Technopreneur mampu mengembangkan bisnisnya dengan kekuatan inovasi dan teknologi. Technopreneur mempunyai nilai tambah karena alumni yang dihasilkan dari Program Studi Manajemen tidak hanya siap berkarya, tapi mampu menciptakan dan membuka pekerjaan baru bagi tenaga kerja yang lain . Mahasiswa Program Studi Manajemen tidak saja dibekali ilmu ekonomi dan bisnis yang luas dan mendalam, tetapi juga dibekali pengetahuan tentang sistem informasi, serta kemampuan penguasaan berbahasa Inggris yang baik. Program Studi Manajemen telah bekerjasama dengan beberapa perusahaaan / instansi untuk mempersiap mahasiswa didunia kerja dan dapat bersaing secara nasional.

 

Visi

Menjadi program studi yang unggul berdaya saing nasional tahun 2020, dalam bidang ilmu manajemen dengan mengedepankan bisnis dan teknologi atas dasar kedisiplinan, moral, etika dan agama.

 

Misi

  1. Selalu menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan dibidang ilmu manajemen atas dasar keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.
  2. Melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dalam upaya menciptakan dan meningkatkan mutu pendidikan dan ilmu pengetahuan dalam bidang manajemen sesuai dengan perkembangan industri yang relevan.
  3. Menciptakan dan menyediakan sarana dan sumberdaya manusia yang berkompeten di bidang bisnis dan teknologi.
  4. Menciptakan dan meningkatkan hubungan kerjasama yang bersinergi dengan stakeholder di bidang pengembangan bisnis berbasis teknologi.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidang manajemen dengan memanfaatkan teknologi informasi atas dasar keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menghasilkan luaran penelitian di bidang manajemen dan bisnis yang berbasis teknologi informasi.
  3. Menerapkan hasil penelitian dibidang manajemen dan bisnis yang berbasis teknologi yang disesuikan dengan kebutuhan masyarakat.

 

Sasaran

  1. Meningkatnya Kualitas Tata Kelola
  2. Meningkatnya Kualitas Proses Pembelajaran
  3. Meningkatnya kuantitas dan kualitas Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
  4. Tersedianya Sarana dan Prasarana Pembelajaran yang memadai
  5. Meningkatnya Kualitas Lulusan
  6. Meningkatnya kuantitas dan kualitas Kerja Sama

 

Spesialisasi Studi

  • Manajemen Bisnis: Mahasiswa mampu mengembangkan ketrampilan entrepreneurial (inovasi, membangun jejaring, kepekaan pada pasar, berani mengambil resiko) serta dasar-dasar bisnis sehingga dapat berkompetensi sebagai seorang entrepreneur dengan didukung sistem informasi.
  • Sistem Informasi Bisnis : Mahasiswa mampu mengembangkan ketrampilan dalam menganalisa, mendesain , mengimplementasi, mengembangkan bisnisnya dan mahir dalam penerapan sistem informasi.

 

Profil Lulusan

1. Manager yang memiliki kemampuan dalam mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

2. Konsultan bisnis dan manajemen yang memiliki kemampuan untuk membaca pasar, konsumen, peluang, kompetisi, dan segala sesuatu yang berhubungan untuk mendukung kesuksesan bisnis/perusahaan .

3. Entrepreneur yang memiliki ide baru untuk mengambil tindakan dengan memulai bisnis sendiri atau membuka lapangan pekerjaan baru.

Dalam rangka menghasilkan lulusan sesuai kompetensi yang ditetapkan telah diimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) berdasar peraturan Dirjen Dikti tentang pemberlakuan kurikulum program studi sesuai SK Mendiknas RI No 045/U/2002 tentang kurikulum inti pendidikan tinggi. Keunggulan Program Studi Manajemen yang mempunyai kompetensi berbasis bisnis dan teknologi terlihat dalam kurikulum yang dapat ditempuh mahasiswa dengan total sks 144, dengan pengelompokan kompetensi setiap semester sebagai berikut :

 

SemesterJml SKSTema kompetensi tiap semester
I 24 SKS Memiliki kemampuan dasar dibidang ekonomi , manajemen & bisnis serta sistem informasi
II 22 SKS Kemampuan dlm menganalisis & mengambil keputusan manajerial thd masalah ekonomi , manajemen & bisnis
III 23 SKS Kemampuan dalam merancang sistem informasi dan bisnis,serta statistik sebagai alat perbaikan proses bisnis
IV 23 SKS Mengaplikasikan kebutuhan manajerial , organisasi dan sistem bisnis
V 24 SKS Melakukan analisis peluang & riset bisnis untuk memformulasikan strategi bisnis dengan memanfaatkan SI
VI 18 SKS Kemampuan memulai usaha dengan memanfaatkan sistem informasi
VII 4 SKS Mempersiapkan pasar , meluncurkan produk dan mengembangkan usaha dengan menerapkan SI
VIII 6 SKS Penelitian dibidang bisnis dan teknologi dgn mengintegrasikan teori - teori yang didapat sebelumnya

TOTAL 144 SKS

 

 

You are here: Home Manajemen S1