Universitas AKI

UNAKI's blog

18 May 2018 In Kegiatan Mahasiswa

Menilik tugas perkembangan remaja, yaitu mengembangkan konsep dan keterampilan yang sangat diperlukan untuk melakukan peran sebagai anggota masyarakat. Individu yang berada pada tahap remaja diharapkan mampu untuk menjalankan tanggung jawab dalam kehidupan sosial. Hal tersebut tampak pada kehidupan organisasi di kampus, para remaja diberikan kesempatan untuk berkreasi dan mengekspresikan diri sesuai minatnya namun dapat berguna bagi kehidupan sosial. Salah satu cara untuk mengekspresikan diri dengan melakukan kegiatan entertainment.

Salah satu program kerja tahunan dari Himpunan Mahasiswa Fakultas Psikologi (HIMAPSI) Universitas AKI, yaitu mengadakan acara Culture Day, yang tujuannya sebagai ajang mahasiswa untuk belajar mengadakan acara yang bersifat menghibur. Di samping itu, Culture Day juga bertujuan untuk mengenalkan beragam budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Pada tanggal 8 Mei 2018, HIMAPSI mengusung tema “Ketong Pu Tarian dan Budaya”, mengajak penonton untuk mengenal Budaya Papua.

Acara dimulai dengan penyambutan khas Budaya Papua untuk tamu, kemudian dilanjutkan dengan Tari Yospan, yang merupakan Tarian Pergaulan dan Persahabatan di Papua, dilanjutkan Drama yang berjudul “Pembayaran Harta Mas Kawin Adat Papua”. Setelah itu, dilanjutkan dengan selingan komedi dari Papua, atau yang lebih dikenal dengan MOP (Mati Ketawa ala Orang Papua). Akhir acara, penonton dajak ikut serta untuk mendengarkan nyanyian khas Papua, yang berjudul “Sajojo”. Acara Culture Day 2018 kali ini, HIMAPSI bekerjasama dengan HIPMAPAS (Himpunan Mahasiswa Papua se-Semarang).

Kegiatan Culture Day setiap tahunnya mengajak mahasiswa Psikologi khususnya untuk belajar berorganisasi, bagaimana menyusun sebuah acara hiburan. Di samping itu, mengajak untuk terus melestarikan budaya-budaya di Indonesia, karena acara entertainment saat ini yang bertemakan budaya sudah jarang ditampilkan ke khalayak ramai. 

 

You are here: Home Akademik Kegiatan Mahasiswa Items filtered by date: May 2018