Universitas AKI

UNAKI's blog

23 July 2014 In Kegiatan Mahasiswa

       Pada tanggal 18 Juni 2014, Himpunan Mahasiswa Jurusan Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas  AKI melaksanakan kegiatan “English Day” yang bertemakan “Be creative and have fun with English”. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa/mahasiswi dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris di lingkungan kampus.  Acara yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa Universitas AKI dan siswa/siswi SMA di kota Semarang tersebut tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa Universitas AKI dalam mengasah kompetensi berbahasa Inggris, namun kegiatan ini juga menunjukkan pada masyarakat umum bahwa pembelajaran bahasa Inggris yang dilaksanakan di Universitas AKI dapat dilaksanakan dengan kreatif dan menarik. Kegiatan ini juga ingin memperkenalkan pada masyarakat bahwa pembelajaran bahasa Inggris yang selama ini dianggap sulit, ternyata dapat dikemas dengan cara yang menyenangkan.  Selain itu dalam sambutan yang disampaikan oleh Yani Prihati, S.Si., M.Kom sebagai Deputi Rektor 1 Universitas AKI, beliau menambahkan  bahwa proses belajar mengajar tidak hanya dapat dilaksanakan melalui perkuliahan di kelas atau dilaksanakan secara konvensional, namun bisa dilakukan dengan kegiatan yang kreatif dan menarik.  Hal ini juga merupakan aplikasi dari proses belajar mengajar dengan sistem KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi).

         Pada mata kuliah seperti Speaking, Reading, Structure, Drama, maupun sejarah Inggris dan Amerika, proses belajar mengajar akan lebih efektif jika mahasiswa langsung mempraktekkan mata kuliah tersebut. Berdasarkan asumsi di atas, maka sebagian pelaksanaan Tugas Akhir Semester  Genap tahun ajaran 2013/2014 dilaksanakan dengan cara mahasiswa menampilkan berbagai performance yang berhubungan dengan mata kuliah tersebut namun dalam bentuk yang kreatif dan menarik, seperti drama musikal, talk show, panggung boneka, shadow puppet, news report, standup comedy, maupun games yang menarik.  Selain itu dampak positif lain dari pelaksanaan acara ini adalah mengasah soft skill mahasiswa, yaitu menumbuhkan rasa percaya diri ketika tampil di depan publik, memupuk rasa kerjasama antar mahasiswa, kemampuan berkomunikasi dengan pihak lain, serta kemampuan berorganisasi.

        Acara yang dimulai pada pukul 9.30 dan berakhir pukul 14.00 disaksikan oleh segenap dosen dan mahasiswa Universitas AKI dari semua jurusan serta beberapa tamu undangan dari siswa/siswa SMA. English Day diawali dengan speech oleh Hanna Meyti yang menyampaikan bahwa mempelajari bahasa Inggris dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan dilanjutkan dengan pembacaan puisi oleh Rika Anastasia. Selanjutnya ditampilkan talk show oleh mahasiswa semester 6 yang mengangkat tema pentingnya bahasa Inggris dalam dunia kerja. Acara berikutnya adalah penampilan drama musikal berjudul Snow White and 7 Pixies oleh mahasiswa semester 4.  Selain drama musikal oleh mahasiswa semester 4, mahasiswa semester 6 juga menampilkan drama dengan judul Cinderella. Sedangkan mahasiswa semester 2 juga tidak mau kalah dengan menampilkan Shadow Puppet berjudul The Wind and The Sun, panggung boneka dengan tema Sampek Engtay, serta news reading. Selain penampilan secara kelompok, acara ini juga menampilkan performa mahasiswa secara individu seperti stand up comedy oleh Eggy dan Okris. Di tengah-tengah acara, untuk mencairkan suasana, diselingi dengan games serta hiburan menyanyi dan musik.

  

  

  

  

  

  

You are here: Home Akademik Kegiatan Mahasiswa Items filtered by date: July 2014