Universitas AKI

UNAKI's blog

Karya Wisata Bali : Wirausaha dan Penerapan Ilmu dalam Industri

20 June 2019 By In Kegiatan Mahasiswa

Kegiatan Karya Wisata ke Bali Univeritas AKI dilaksanakan pada tanggal 21-25 April 2019. Salah satu pertimbangan menjadikan Bali menjadi destinasi utama Universitas AKI adalah untuk membawa mahasiswa memperluas cakrawala kehidupan dari segi entrepreneurship dan penerapan ilmu yang sudah diterima di bangku kuliah ke aplikasi yang sesungguhnya di dunia industri. Sebagai daerah industri wisata, banyak hal yang bisa diamati dan dijadikan ajang praktek mahasiswa.

 

Entrepreneurship

 

Tujuan utama dari study tour ini adalah memperluas cakrawala mahasiswa sesuai dengan tagline universitas yaitu “berbasis teknologi dan bisnis”. Mahasiswa sudah dibekali dengan ilmu dari mata kuliah yang dipelajari di kampus dan siap untuk melihat hasil nyata dari usaha-usaha yang dilakukan oleh masyarakat Bali dalam kurun waktu tertentu. Sebagai luaran dari kegiatan ini, mahasiswa ditugaskan untuk membuat laporan dan menyelesaikan tugas terstruktur dari beberapa mata kuliah yang mereka dapat di semester ini, khususnya mata kuliah yang terintegrasi dengan ilmu manajemen dan kewirausahaan. Salah satu tempat yang dikunjungi Universitas AKI adalah CV. Dewata. Perusahaan tersebut bergerak dibidang souvenir atau oleh-oleh. Dua hal paling menonjol yang mereka tawarkan adalah usaha tekstil dan makanan. Dari tempat produksi dan dipandu oleh petugas setempat, mahasiswa dapat melihat dan mempelajari secara langsung bagaimana proses pembuatan kaos dengan berbagai model, teknik jahit, dan teknik penyablonan yang kesemuanya telah memanfaatkan teknologi sehingga dapat dilakukan dengan cepat tetapi berkualitas, sehingga produk tersebut mempunyai nilai jual yang baik dan bisa bersaing dipasaran. Mahasiswa juga bisa mengamati secara langsung proses pembuatan pie susu, salah satu makanan iconic Bali yang juga dibuat dengan standar produksi yang baik dan cepat. Tak hanya mengamati proses produksi, mahasiswa juga berkesempatan mengikuti kuliah umum dan berdiskusi dengan Drs. Rahman Ismail selaku manajer CV. Dewata. Dari kuliah umum ini mahasiswa memperoleh informasi yang berkaitan dengan kiat-kiat menjadi pengusaha dan mengatasi masalah-masalah dalam produksi, sistem penggajian karyawan,  pemasaran online, dan distribusi.

 

Penerapan Ilmu

 

Untuk penerapan ilmu, mahasiswa dapat melihat langsung di lokasi yang sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Mahasiswa Fakultas Teknik dan Informatika dapat memperoleh gambaran penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses produksi seperti otomatisasi perkantoran, otomatisasi proses sablon, bordir maupun dalam proses pemasaran dan penjualan secara online dengan e-commerce. Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis mendapatkan penjelasan mengenai manajemen produksi, implementasi sistem informasi akuntansi dan penggajian, manajemen distribusi produk dan pemasaran online. Mahasiswa Psikologi mendapatkan informasi tentang implementasi konsep terutama yang berkaitan dengan pengelolaan sumberdaya manusia dan juga psikologi industri. Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Budaya mempelajari pemanfaatan bahasa dan komunikasi dalam industri serta komunikasi langsung dengan native speaker. Sebagai salah satu bentuk pemanfaatan bahasa dam komunikasi dalam industri, mahasiswa Fakultas Bahasa dan Budaya ditugaskan untuk menulis tentang topik bisnis maupun manajemen. Mereka diharuskan melakukan interview dan menuliskan bagaimana masyarakat Bali bisa mempertahankan budaya dari derasnya arus teknologi informasi dan komunikasi serta serbuan pengunjung lokal maupun internasional dari berbagai belahan dunia.

 

Read 135 times Last modified on Thursday, 20 June 2019 22:59
You are here: Home Akademik Kegiatan Mahasiswa Karya Wisata Bali : Wirausaha dan Penerapan Ilmu dalam Industri