Universitas AKI

UNAKI's blog

Kunjungan Industri Fakultas Psikologi UNAKI

30 November 2018 By In Kegiatan Mahasiswa

       Himpunan Mahasiswa Psikologi UNAKI kepengurusan 2018/2019 kali ini mengadakan kegiatan kunjungan industri ke PT. Sinar Sosro Ungaran. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Psikologi UNAKI, yang bertujuan sebagai kegiatan rekreatif sekaligus kegiatan yang dapat menambah pengalaman mahasiswa Psikologi UNAKI untuk mengenal lingkungan perusahaan, baik dari segi produksi, pemasaran, dan terutama pengelolaan sumber daya manusianya. Kegiatan ini bertepatan setelah mahasiswa menyelesaikan Tes Tengah Semester Tahun Ajaran 2018/2019, sehingga kegiatan ini juga memberikan manfaat bagi mahasiswa sebagai moodbooster setelah perkuliahan di kelas dan tes yang menguras tenaga dan pikiran.

        Kunjungan industri kali ini menunjuk salah satu perusahaan nasional, yaitu PT. Sinar Sosro, yang terkenal dengan perusahaan teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia. Mahasiswa beserta Dosen Fakultas Psikologi mengunjungi  salah satu lokasi Pabrik PT. Sinar Sosro yang berada di Bergas, Ungaran, Kabupaten Semarang. Pada hari Kamis, tanggal 29 Nopember 2018 pukul 10.30 WIB, kami berangkat dari Kampus UNAKI menuju lokasi kunjungan. Tiba di lokasi, kami disambut oleh staff bagian pemasaran, Ibu Mega, yang selanjutnya akan mendampingi kami selama kunjungan di PT. Sinar Sosro.  Sesi pertama kunjungan kami diarahkan untuk foto bersama terlebih dahulu di depan aula, kemudian kami diarahkan ke Ruang Display, dimana ruang ini kami disuguhkan welcome drink, berupa Teh Botol Sosro dan melihat profil, sejarah, penghargaan perusahaan yang ditampilkan melalui pigura dan gambar-gambar. Sesi Kedua, kami diarahkan ke suatu ruangan, dimana diperlihatkan video company profile PT. Sinar Sosro dan proses produksi Teh Botol Sosro. Setelah itu waktunya diskusi, berbagi cerita, dan tanya jawab perihal PT. Sinar Sosro, terkait produk, pemasaran, serta karir dan pekerjaan, yang dipandu langsung oleh Ibu Mega. Mahasiswa Fakultas Psikologi cukup antusias untuk bertanya dan mencari tahu di sesi diskusi ini, tidak terkecuali para Dosen. Sesi ketiga, waktunya kami ditunjukkan bagaimana proses produksi secara langsung dari Teh Botol Sosro. Kami ditunjukkan bagaimana botol dicuci, dibersihkan, diisi dengan teh, kemudian bagaimana teh mulai dikemas untuk didistribusikan. 

       Kegiatan kunjungan industri ini dapat menjadi penyemangat mahasiswa Psikologi UNAKI untuk selalu belajar apapun agar mencapai tujuan yang diinginkan, disamping itu, kegiatan ini dapat bertujuan sebagai kegiatan rekreatif, agar tidak mudah jenuh dengan perkuliahan di kelas. Banyak hal yang dipelajari dari kunjungan industri kali ini, selain mengetahui seluk beluk produk Teh Botol Sosro, kita dapat mengetahui gambaran perusahaan secara umum, terkait pemenuhan dan pengelolaan sumber daya manusia. Di Fakultas Psikologi UNAKI, kegiatan seperti ini akan terus dilakukan, dengan harapan, bahwa mahasiswa tidak hanya dapat mengandalkan hasil akademisnya saja untuk bersaing di dunia kerja namun kemampuan non akademis yang positif juga perlu dipertimbangkan untuk mencapai tujuan dan bersaing di dunia kerja kelak.

 

Read 647 times Last modified on Friday, 12 July 2019 13:11
You are here: Home Akademik Kegiatan Mahasiswa Kunjungan Industri Fakultas Psikologi UNAKI