Universitas AKI

UNAKI's blog

30 November 2016 By In Kegiatan Mahasiswa

FBS Outing class “Finding your treasure”

Outing class merupakan suatu kegiatan yang diadakan oleh Fakultas Bahasa dan Sastra di Universitas AKI. Outing class sudah mulai dilakukan sejak 2 tahun lalu dan ini merupakan outing class yang ke – 3 kalinya. Outing class yang telah dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 29 November 2016 berlangsung dengan sangat tertib dan lancar. Antusiasme dari setiap peserta membuat outing class semakin seru dan menyenangkan. Outing class kali ini, tidak hanya di ikuti oleh mahasiswa/i dari Fakultas Bahasa dan Sastra, tetapi mahasiswa/i dari Fakultas Psikologi juga ikut berpartisipasi sebagai peserta outing class. Dengan digabungnya dua Fakultas, diharapkan kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat terbuka bagi Fakultas lain untuk belajar bahasa Inggris bersama, tentunya dengan cara yang berbeda, mudah dan pastinya sangat menyenangkan.

Adapun lokasi outing class kali ini berbeda dari lokasi sebelumnya, yaitu di sekitar Kota Lama Semarang. Lokasi outing class kali ini berada di 3 titik, dengan rute yang cukup panjang.Titik lokasi pertama dimulai dari taman Pandanaran, kemudian dilanjutkan pada titik lokasi berikutnya yaitu di Mugas dan titik selanjutnya berakhir di taman KB. Di tiap titik lokasi, peserta diminta mengerjakan soal yang telah dipersiapkan oleh panitia, yaitu soal Reading, Structure, Homonym, dan Crossword. Perjalanan yang cukup panjang dan jauh ini tidak mengundurkan niat dan semangat dari setiap peserta outing class. Untuk menuju ke setiap titik lokasi (pos – pos) peserta diberikan sebuah peta yang merupakan petunjuk untuk menuju ke titik lokasi selanjutnya. Tidak sedikit peserta yang kebingungan ketika menuju ke titik – titik lokasi berikutnya, karena hanya dibekali oleh sebuah peta. Tapi inilah yang membuat outing class kali ini semakin seru.

Konsep outing class kali inipun dibuat sedikit berbeda dengan outing class sebelumnya, yaitu “Finding your treasure” atau “temukanlah harta karunmu” merupakan konsep yang sudah dirancang oleh panitia. Sesuai dengan konsep yang telah dibuat oleh panitia, maka diharapkan kepada seluruh peserta untuk berada dalam sebuah team (3 orang 1 team). Jumlah keseluruhan peserta yaitu 27 orang (9 team). Setiap team akan menyelesaikan misi di 4 pos dan pos extra (pos harta karun). Setelah seluruh team menyelesaikan misi, mereka diberikan waktu untuk mencari harta karun di pos extra (Taman KB) dengan waktu 10 menit dengan tambahan waktu extra. Setelah salah satu anggota team mendapatkan harta karun tersebut, maka keseluruhan anggota team ikut mendapatkan harta karun tersebut. Dan adapun yang menjadi penemu harta karun pada outing class kali ini yaitu team (Isa, Linggar, dan Angel). Merekalah yang berhasil menemukan harta karun dan sekaligus sebagai pemenang dalam outing class kali ini. Harta karun yang mereka temukan berupa tiket nonton film yang diberikan kepada 3 pemenang.

Fakultas Bahasa dan Sastra sangat berharap untuk kedepannya, dengan adanya kegiatan seperti ini membantu para mahasiswa untuk menngembangkan ide – ide kreatif dan inovatif mereka. Terlebih lagi, diharapkan supaya tidak hanya mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra saja yang ikut terlibat dalam kegiatan ini tapi juga Fakultas lain seperti Psikologi sangat diharapkan untuk bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Sehingga ilmu yang disampaikan lewat outing class inipun boleh dibagikan kepada seluruh jurusan mahasiswa Universitas AKI.

02 December 2016 By In Kegiatan Mahasiswa

BEKraf Game Prime merupakan bentuk evolusi dari Game Developers Gathering (GDG) yang setiap tahun menjadi ajang berkumpulnya para pelaku industri game di Indonesia. Event ini bukan hanya akan menjadi event industri game B2B dan B2C terbesar di Indonesia, akan tetapi juga akan menjadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. BEKraf Game Prime sendiri merupakan proyek kolaborasi terbesar antara Badan Ekonomi Kreatif (BEKraf), Duniaku Network, Asosiasi Game Indonesia (AGI), Dicoding, GemuGemu, KotakGame, Toge Productions, GCM dan IndieGames.com.

BEKraf Game Prime 2016 di adakan pada tanggal 29 – 30 Nopember 2016, bertempat di Balai Kartini, Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Kegiatan ini diikuti banyak industri game, komunitas game serta startup baik dalam maupun luar negeri juga ikut hadir untuk berkolaborasi diantaranya perusahaan komik, perusahaan animasi, perusahaan advertising, licence dan lain-lain. Event yang diadakan selama 2 hari ini mengelar banyak kegiatan meliputi seminar, workshop, exhibitor booth game, prime connect dan prime awards dengan menghadirkan speaker-speaker yang professional dan juga dari pelaku industri game.

Priskila Eka Kurniawati  - Exhibitor Booth Game

Mahasiswa Universitas AKI juga ikut turut ambil bagian dalam event ini, yaitu Priskila Eka Kurniawati dari program studi Teknik Informatika dan Timious Kardia Yosel Suwarno dari program studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer. Priskila yang biasa dipanggil Ila ini adalah seorang yang tetap semangat berjuang membuat perubahan yaitu memberi semangat bagi anak anak muda untuk mengembangkan teknologi dan memecahkan masalah yang ada di Indonesia. Walaupun untuk gender wanita, bisa dibilang kurang saat mengikuti event seperti ini hanya ada 3 (tiga) orang, dan Ila salah satu diantaranya. Tapi ia tetap semangat ingin mengembangkan tekhnologi khususnya di industri game. Timious yang biasa dipanggil Timi ini juga seseorang yang semangat untuk mengembangkan game Indonesia. Walaupun masih umur yang cukup muda, tidak patah semangat membuat game-game baru.

Mereka mengikuti kategori exhibitor booth game, yaitu showcase game atau bisa dikatakan pamer game yang pernah dibuat. Tidak hanya exhibitor, Ila juga ikut acara Workshop Unity dengan tema ‘Making a Professional Endless Runner in Unity’. Di workshop ini, Ila mendapat materi mengenai bagaimana membuat game bergenre endless runner yang menarik dan bisa dipublikasikan dalam berbagai platform. Speakernya yaitu Yi Fei Boon, Field Engineer dari Unity Singapore. Diakhir workshop, speaker memberi tips bagaimana membuat game dengan Unity dengan baik, dan larangan larangan apa yang tidak boleh dilakukan dalam peng-coding-an di Unity agar hasil game maksimal.

26 December 2016 By In Kegiatan Mahasiswa

English Day “Chill Out In English Café” - Hall Gedung Baru Unaki

Sore itu, 14 Desember 2016, gerimis mengguyur, akan tetapi Hall UNAKI terasa sangat semarak. Mahasiswa dari semua fakultas yang ada di Universitas AKI berkumpul untuk menyaksikan English Day. Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Sastra Inggris. Acara itu menampilkan bakat dan kemampuan mahasiswa program studi Sastra Inggris sekaligus sebagai tugas akhir dari beberapa mata kuliah.

Mahasiswa semester satu menampilkan History Telling yakni menceritakan sejarah suatu era tertentu dengan menggunakan lagu. Penampilan tersebut sebagai tugas penunjang mata kuliah Basic Speaking dan Pronunciation Drill. Mahasiswa semester tiga menampilkan drama musikal berjudul Love sebagai tugas akhir mata kuliah Introduction to Literature dan Advance Speaking. Mahasiswa semester lima membuat video berjudul A Day as English Literature Student sebagai tugas akhir mata kuliah Drama, dan Film Critics. Mahasiswa semester tujuh berperan sebagai panitia yang mengatur jalannya acara.

English Day Sebagai Perwujudan Edutainment

Talk Show "Makna Tanda Cinta"

Talk Show “Makna Tanda Cinta”

English Day 2017 mengusung tema “Chill Out in English Café”. Tema tersebut merupakan perpaduan dari konsep entertainment (hiburan) dan education (pendidikan) atau yang biasa disingkat sebagai Edutainment. Unsur entertainment diwujudkan dengan mengundang bintang tamu Excellent Dance dan Pathmoon Band. Konsep education diwujudkan dengan talkshow oleh Ahmad Muhid, S.S., M.Hum.

Pathmoon band adalah band akustik yang didaulat sebagai ‘homeband’. Mereka mengawali acara, mengiringi talkshow, dan menutup acara. Alunan saxophone dan denting gitar akustik menjadi penghangat di sore yang gerimis. Excellent Dance adalah bintang tamu yang mengisi acara puncak. Gemulai tarian tak pelak memanaskan seluruh pengunjung Hall.

Tidak kalah menarik, segmen talkshow mengusung judul “Makna Tanda Cinta”. Segmen tersebut mengungkap tanda cinta dan maknanya. Cinta yang dimaksud adalah cinta yang universal yakni cinta kepada manusia, alam, dan Tuhan. Segmen tersebut dibawakan dengan indah oleh ‘Master Muhid’ dan dipandu manis oleh Priska Julintia mahasiswa semester tiga.

Rundown English Day 2017

PathMoon Band

English Day dimulai dengan alunan musik Pathmoon Band. Denting gitar mengajak pengunjung masuk, suara merdu vokalis merayu pengunjung untuk membeli tiket masuk. Di pintu Hall, sudah siap mahasiswa cantik semester tujuh yang menjajakan tiket Rp 25.000 ribu untuk VVIP, Rp 10.000 untuk VIP, dan Rp 5.000 untuk tiket kelas Festival.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Bahasa yakni Indah Arvianti, S.S., M.Hum. Beliau mengungkapkan rasa bangga atas terselenggaranya acara. Beliau juga menekankan bahwa English Day merupakan acara pertama yang diselenggarakan di Hall UNAKI yang baru.

Setelah itu, video A Day as an English Literature Student karya semester lima diputar. Pahit manis perjalanan kehidupan sebagai mahasiswa Sastra Inggris tersaji di layar putih.

Acara berikutnya adalah talkshow. Pengunjung terpesona oleh informasi yang diberikan oleh ‘Master Muhid’. Sesekali pembawa acara memberikan hadiah kepada pengunjung yang mampu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan topik. Talkshow diselingi oleh suara special dari Janet Maniani mahasiswa Sastra Inggris semester tiga.

History Telling

History Telling tersaji manis setelah talkshow. Elisabeth menceritakan sejarah singkat era 1950an sampai 2000an. Sementara itu, Novi Diana menyanyikan lagu yang menjadi ‘trademark’ era tersebut.

Drama musikal dari semester tiga menuai histeria pengunjung. Penampilan apik Samuel dan Gabi membuat hati berdebar. Cerita cinta di kampus menyentuh pengunjung yang sebagian besar berumur belasan. Drama tersebut ditutup dengan tarian imut dari semua penampil.

Pembawa acara membuka Dorprize. Pengunjung yang dapat menunjukkan lipstick yang paling tumpul dapat membawa pulang hadiah spesial. Oci dan Boru mahasiswa psikologi tampil ke panggung. Lipstick mereka sama-sama tumpul. Oleh karena itu, tepuk tangan pengunjung sebagai jurinya. Oci keluar sebagai pemenang dan berhak mendapatkan hadiah spesial yang diberikan langsung oleh Rektor.

Acara puncak menampilkan Excellence Dance. Liak-liuk tubuh penari menghasilkan teriakan histeris. Penonton bersemangat merasakan energi di setiap hentakan musik. Tatapan mata dancer menembus hati pengunjung mengajaknya untuk menari.

Faculty of Language and Literature Crew

English Day ditutup dengan doa dari Amin Khudlori, S.S., M.Hum. Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dipanjatkan atas suksesnya acara. Setelah doa, Pathmoon melantunkan beberapa lagu mengiringi pengunjung yang meninggalkan Hall.

Di luar Hall, beberapa mahasiswa mengungkapkan rasa puasnya. Haesel mahasiswa semester lima prodi Manajemen mengungkapkan bahwa “Just as I expected, much better than last year”. Semoga acara tahun depan lebih baik lagi. Lebih menghibur dan lebih mengedukasi. Untuk English Day tahun 2017, cukup satu kata saja: Keren.

 

26 May 2017 By In Kegiatan Mahasiswa

Kunjungan Studi Mahasiswa Psikologi - Rumah Sakit Jiwa Daerah Amino Gondohutomo Semarang

Semarang, Menindaklanjuti Program Kerja Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas AKI di tahun 2017, rekan-rekan mahasiswa dari Fakultas Psikologi Universitas AKI Semarang melakukan kunjungan studi di Rumah Sakit Jiwa Daerah Amino Gondohutomo Semarang, tepatnya pada hari Kamis, 9 Maret 2017. Kunjungan studi ini bertujuan bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan terkait keilmuan Psikologi, yang khususnya meninjau peran ahli Psikologi pada lingkup kesehatan jiwa. Kegiatan kunjungan ini berbeda daripada sebelumnya, karena panitia kegiatan memilih instansi Rumah Sakit Jiwa sebagai tujuan untuk menambah pengetahuan terkait keilmuan Psikologi.

Kegiatan Kunjungan Studi kali ini dilaksanakan selama 1 hari, dimulai dengan kumpul bersama di Kampus Universitas AKI Jl. Imam Bonjol 15-17 Semarang pada pukul 07.00 WIB. Rombongan berangkat sekitar pukul 07.15 dan sampai di lokasi pukul 08.00. Seteleh sampai lokasi, rombongan langsung menuju Gedung Pendidikan dan Pelatihan RSJD Amino Gondohutomo dan mendapat pengarahan dari Kepala Bagian Pendidikan & Pelatihan, kepala Bagian Antisipasi Penyebaran Infeksi, dan Psikolog RSJD Amino Gondohutomo. Terakhir, mengunjungi bangsal tempat pasien mendapatkan rehabilitasi.

Awal kegiatan kunjungan, Dekan Fakultas Psikologi Universitas AKI, Ibu Alice Zellawati, M.Psi menyampaikan sambutan dan maksud kedatangan rombongan Dosen dan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas AKI, kemudian dilanjutkan pengarahan dari Kepala Bagian Pendidikan & Pelatihan, Bapak Andhi. Beliau memberikan sambutan dan menjelaskan aturan dan prosedur bagi tamu yang berkunjung ke RSJD Amino Gondohutomo, di samping itu, beliau menceritakan sekilas tentang RSJD Amino Gondohutomo.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengarahan dari Bapak Slamet (Bagian Antisipasi Penyebaran Infeksi RSJD Amino Gondohutomo), yang melakukan sosialisasi cara mencuci tangan yang baik dan tata cara seseorang batuk dan bersin, serta tata cara membuang sampah yang harus dikategorikan antara sampah medis dengan sampah nono medis agar cara pengolahannya lebih maksimal dan terjaga kesehatan lingkungannya.

Pengarahan terakhir dilakukan oleh Psikolog RSJD Amino Gondohutomo, Ibu Nanik Kartiningsih. Beliau menceritakan pengalamannya selama berkarya di RSJD Amino Gondohutomo, di samping itu, beliau memberikan wejangan bagi teman-teman mahasiswa untuk terus mengembangkan diri agar ilmunya dapat berguna bagi masyarakat. Setelah pengarahan dari Psikolog RSJD Amino Gondohutomo, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan terhadap pasien RSJD yang sedang melakukan rehabilitasi. Mahasiswa dibagi menjadi 4 kelompok dan didampingi staff Bagian DikLat, per kelompok mengunjungi area rehabilitasi sesuai tingkatan usia, anak dan remaja, geriatri, dan dewasa. Di ruang rehabilitasi, mahasiswa Psikologi UNAKI dipersilakan untuk bercengkrama dan melakukan kontak dengan pasien RSJ. Beberapa mahasiswa memberikan kesan yang mendalam, ada yang diajak menyanyi, ada mahasiswa yang dinasehati, dan ada mahasiswa yang dicurhati oleh pasien.

Kunjungan studi kali ini, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas AKI Semarang mendapatkan pengalaman yang berharga. Wawasan dan pengetahuan terkait kebersihan dan kesehatan menjadi bertambah Di samping itu, wejangan dari Psikolog RSJD yang berupa motivasi untuk terus belajar, baik dari kuliah maupun dari luar kuliah perlu ditumbuhkan sejak dini agar kemampuan dalam berkomunikasi dan mengambil keputusan menjadi lebih optimal. Hal tersebut menunjukkan pentingnya aplikasi teori serta pengembangan diri mutlak diperlukan ketika mahasiswa berada di aktivitas luar kampus. Mengingat banyaknya manfaat positif yang dapat diperoleh melalui kegiatan Kunjungan studi ini sehingga dapat menjadikan mahasiswa sebagai generasi yang mampu mengembangkan konsep dan keterampilan intelektual yang sangat diperlukan untuk melakukan peran sebagai anggota masyarakat. Semoga.

Page 1 of 5
You are here: Home Akademik Kegiatan Mahasiswa