Universitas AKI

UNAKI's blog

20 June 2019 By In Kegiatan Mahasiswa

 

        Baru-baru ini Program Studi Manajemen Universitas AKI menyelenggarakan kegiatan outing class berupa kunjungan industri ke Coklat Monggo yang berlokasi di daerah Yogyakarta sebagai bagian dari upaya memperkenalkan kewirausahaan di dunia nyata kepada mahasiswa. “Kegiatan outing class seperti ini rutin diadakan agar mahasiswa secara nyata memahami seluk beluk kewirausahaan dan manajemen pemasaran yang selama ini mereka pelajari secara teori”, tutur Puji Setya Sunarka, M.M., selaku Ketua Program Studi Manajemen.

Universitas AKI dengan tag line berbasis teknologi dan bisnis, selama ini menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki kompetesi sesuai dengan program studi namun juga memiliki kompetensi kewirausahaan dan teknologi informasi baik teoritis maupun praktis.

Selama kunjungan, mahasiswa memperoleh informasi tidak hanya tentang sejarah Coklat Monggo yang telah didirikan 18 tahun lalu oleh Mr Thierry yang berasal dari Belgia, bagaimana pengembangan budidaya buah kakao sebagai penghasil coklat, tetapi juga informasi tentang proses pengolahan mulai dari biji hingga coklat yang siap dicetak hingga informasi tentang sistem pemasaran produk Coklat Monggo.

Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kakao terbesar didunia dan cita rasa produk coklat yang ada di Indonesia menjadi inspirasi bagaimana Coklat Monggo muncul dan berkembang sampai dengan sekarang yang menjadi produk coklat kelas premium. Kegiatan kunjungan industri ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa untuk memunculkan ide, gagasan dan kegigihan dalam membangun sebuah usaha.

 

 

 

20 June 2019 By In Kegiatan Mahasiswa

Kegiatan Karya Wisata ke Bali Univeritas AKI dilaksanakan pada tanggal 21-25 April 2019. Salah satu pertimbangan menjadikan Bali menjadi destinasi utama Universitas AKI adalah untuk membawa mahasiswa memperluas cakrawala kehidupan dari segi entrepreneurship dan penerapan ilmu yang sudah diterima di bangku kuliah ke aplikasi yang sesungguhnya di dunia industri. Sebagai daerah industri wisata, banyak hal yang bisa diamati dan dijadikan ajang praktek mahasiswa.

 

Entrepreneurship

 

Tujuan utama dari study tour ini adalah memperluas cakrawala mahasiswa sesuai dengan tagline universitas yaitu “berbasis teknologi dan bisnis”. Mahasiswa sudah dibekali dengan ilmu dari mata kuliah yang dipelajari di kampus dan siap untuk melihat hasil nyata dari usaha-usaha yang dilakukan oleh masyarakat Bali dalam kurun waktu tertentu. Sebagai luaran dari kegiatan ini, mahasiswa ditugaskan untuk membuat laporan dan menyelesaikan tugas terstruktur dari beberapa mata kuliah yang mereka dapat di semester ini, khususnya mata kuliah yang terintegrasi dengan ilmu manajemen dan kewirausahaan. Salah satu tempat yang dikunjungi Universitas AKI adalah CV. Dewata. Perusahaan tersebut bergerak dibidang souvenir atau oleh-oleh. Dua hal paling menonjol yang mereka tawarkan adalah usaha tekstil dan makanan. Dari tempat produksi dan dipandu oleh petugas setempat, mahasiswa dapat melihat dan mempelajari secara langsung bagaimana proses pembuatan kaos dengan berbagai model, teknik jahit, dan teknik penyablonan yang kesemuanya telah memanfaatkan teknologi sehingga dapat dilakukan dengan cepat tetapi berkualitas, sehingga produk tersebut mempunyai nilai jual yang baik dan bisa bersaing dipasaran. Mahasiswa juga bisa mengamati secara langsung proses pembuatan pie susu, salah satu makanan iconic Bali yang juga dibuat dengan standar produksi yang baik dan cepat. Tak hanya mengamati proses produksi, mahasiswa juga berkesempatan mengikuti kuliah umum dan berdiskusi dengan Drs. Rahman Ismail selaku manajer CV. Dewata. Dari kuliah umum ini mahasiswa memperoleh informasi yang berkaitan dengan kiat-kiat menjadi pengusaha dan mengatasi masalah-masalah dalam produksi, sistem penggajian karyawan,  pemasaran online, dan distribusi.

 

Penerapan Ilmu

 

Untuk penerapan ilmu, mahasiswa dapat melihat langsung di lokasi yang sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Mahasiswa Fakultas Teknik dan Informatika dapat memperoleh gambaran penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses produksi seperti otomatisasi perkantoran, otomatisasi proses sablon, bordir maupun dalam proses pemasaran dan penjualan secara online dengan e-commerce. Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis mendapatkan penjelasan mengenai manajemen produksi, implementasi sistem informasi akuntansi dan penggajian, manajemen distribusi produk dan pemasaran online. Mahasiswa Psikologi mendapatkan informasi tentang implementasi konsep terutama yang berkaitan dengan pengelolaan sumberdaya manusia dan juga psikologi industri. Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Budaya mempelajari pemanfaatan bahasa dan komunikasi dalam industri serta komunikasi langsung dengan native speaker. Sebagai salah satu bentuk pemanfaatan bahasa dam komunikasi dalam industri, mahasiswa Fakultas Bahasa dan Budaya ditugaskan untuk menulis tentang topik bisnis maupun manajemen. Mereka diharuskan melakukan interview dan menuliskan bagaimana masyarakat Bali bisa mempertahankan budaya dari derasnya arus teknologi informasi dan komunikasi serta serbuan pengunjung lokal maupun internasional dari berbagai belahan dunia.

 

18 May 2018 By In Kegiatan Mahasiswa

Menilik tugas perkembangan remaja, yaitu mengembangkan konsep dan keterampilan yang sangat diperlukan untuk melakukan peran sebagai anggota masyarakat. Individu yang berada pada tahap remaja diharapkan mampu untuk menjalankan tanggung jawab dalam kehidupan sosial. Hal tersebut tampak pada kehidupan organisasi di kampus, para remaja diberikan kesempatan untuk berkreasi dan mengekspresikan diri sesuai minatnya namun dapat berguna bagi kehidupan sosial. Salah satu cara untuk mengekspresikan diri dengan melakukan kegiatan entertainment.

Salah satu program kerja tahunan dari Himpunan Mahasiswa Fakultas Psikologi (HIMAPSI) Universitas AKI, yaitu mengadakan acara Culture Day, yang tujuannya sebagai ajang mahasiswa untuk belajar mengadakan acara yang bersifat menghibur. Di samping itu, Culture Day juga bertujuan untuk mengenalkan beragam budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Pada tanggal 8 Mei 2018, HIMAPSI mengusung tema “Ketong Pu Tarian dan Budaya”, mengajak penonton untuk mengenal Budaya Papua.

Acara dimulai dengan penyambutan khas Budaya Papua untuk tamu, kemudian dilanjutkan dengan Tari Yospan, yang merupakan Tarian Pergaulan dan Persahabatan di Papua, dilanjutkan Drama yang berjudul “Pembayaran Harta Mas Kawin Adat Papua”. Setelah itu, dilanjutkan dengan selingan komedi dari Papua, atau yang lebih dikenal dengan MOP (Mati Ketawa ala Orang Papua). Akhir acara, penonton dajak ikut serta untuk mendengarkan nyanyian khas Papua, yang berjudul “Sajojo”. Acara Culture Day 2018 kali ini, HIMAPSI bekerjasama dengan HIPMAPAS (Himpunan Mahasiswa Papua se-Semarang).

Kegiatan Culture Day setiap tahunnya mengajak mahasiswa Psikologi khususnya untuk belajar berorganisasi, bagaimana menyusun sebuah acara hiburan. Di samping itu, mengajak untuk terus melestarikan budaya-budaya di Indonesia, karena acara entertainment saat ini yang bertemakan budaya sudah jarang ditampilkan ke khalayak ramai. 

 

06 June 2018 By In Kegiatan Mahasiswa

Salah satu wujud penguasaan bahasa bahasa Inggris bagi mahasiswa UNAKI jurusan sastra Inggris adalah mengikuti dan berpartisipasi dalam agenda “English Day” yang diadakan pada hari Rabu, 6 Juni 2018. Inilah model pembelajaran bahasa yang senantisa dijaga kontinyuitasnya oleh para tenaga pengajar/ pendidik di prodi Sastra Inggris Unaki dalam rangka mencetak lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja mendatang.

Bertempat di hall Unaki lantai 1, agenda tersebut berlangsung mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Namun, hiruk pikuk persiapan panitia dan peserta sudah menggema dua bulan sebelum agenda berlangsung. Agenda dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Budaya, Indah Arvianti, S.S.,M.Hum. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada panitia, sponsor, dan peserta atas segala partisipasinya dalam menyukseskan agenda tahunan ini. Tak lupa pula, beliau memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi peserta yang mempersembahkan penampilan terbaiknya kali ini.

Tema yang diangkat dalam “English Day 2018” kali ini adalah “Unity in Diversity”, persatuan dalam perbedaan. “kita ambil tema ini karena kita hidup di Indonesia yang kaya akan ras, suku, agama dan budaya. Meski berbeda, kita adalah satu. Satu Negara, Indonesia. Bhinneka Tunggal Ika”, tandas Rifka Setiyawati, ketua panitia, saat ditemui oleh Humas Fakultas. Adapun penampilan/ pentas seni yang disuguhkan tahun 2018 antara lain Battle Beat Box, Drama Musikal, Unaki’s Got Talent in Drama, Magician Show, Break Dance, and Cross Cultural Understanding by Indian Students. What a great moment in this year !. Sampai jumpa di “English Day” tahun depan.

 

 

Page 1 of 6
You are here: Home Akademik Kegiatan Mahasiswa