Universitas AKI

UNAKI's blog

18 May 2018 By In Kegiatan Mahasiswa

Menilik tugas perkembangan remaja, yaitu mengembangkan konsep dan keterampilan yang sangat diperlukan untuk melakukan peran sebagai anggota masyarakat. Individu yang berada pada tahap remaja diharapkan mampu untuk menjalankan tanggung jawab dalam kehidupan sosial. Hal tersebut tampak pada kehidupan organisasi di kampus, para remaja diberikan kesempatan untuk berkreasi dan mengekspresikan diri sesuai minatnya namun dapat berguna bagi kehidupan sosial. Salah satu cara untuk mengekspresikan diri dengan melakukan kegiatan entertainment.

Salah satu program kerja tahunan dari Himpunan Mahasiswa Fakultas Psikologi (HIMAPSI) Universitas AKI, yaitu mengadakan acara Culture Day, yang tujuannya sebagai ajang mahasiswa untuk belajar mengadakan acara yang bersifat menghibur. Di samping itu, Culture Day juga bertujuan untuk mengenalkan beragam budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Pada tanggal 8 Mei 2018, HIMAPSI mengusung tema “Ketong Pu Tarian dan Budaya”, mengajak penonton untuk mengenal Budaya Papua.

Acara dimulai dengan penyambutan khas Budaya Papua untuk tamu, kemudian dilanjutkan dengan Tari Yospan, yang merupakan Tarian Pergaulan dan Persahabatan di Papua, dilanjutkan Drama yang berjudul “Pembayaran Harta Mas Kawin Adat Papua”. Setelah itu, dilanjutkan dengan selingan komedi dari Papua, atau yang lebih dikenal dengan MOP (Mati Ketawa ala Orang Papua). Akhir acara, penonton dajak ikut serta untuk mendengarkan nyanyian khas Papua, yang berjudul “Sajojo”. Acara Culture Day 2018 kali ini, HIMAPSI bekerjasama dengan HIPMAPAS (Himpunan Mahasiswa Papua se-Semarang).

Kegiatan Culture Day setiap tahunnya mengajak mahasiswa Psikologi khususnya untuk belajar berorganisasi, bagaimana menyusun sebuah acara hiburan. Di samping itu, mengajak untuk terus melestarikan budaya-budaya di Indonesia, karena acara entertainment saat ini yang bertemakan budaya sudah jarang ditampilkan ke khalayak ramai. 

 

06 June 2018 By In Kegiatan Mahasiswa

Salah satu wujud penguasaan bahasa bahasa Inggris bagi mahasiswa UNAKI jurusan sastra Inggris adalah mengikuti dan berpartisipasi dalam agenda “English Day” yang diadakan pada hari Rabu, 6 Juni 2018. Inilah model pembelajaran bahasa yang senantisa dijaga kontinyuitasnya oleh para tenaga pengajar/ pendidik di prodi Sastra Inggris Unaki dalam rangka mencetak lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja mendatang.

Bertempat di hall Unaki lantai 1, agenda tersebut berlangsung mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Namun, hiruk pikuk persiapan panitia dan peserta sudah menggema dua bulan sebelum agenda berlangsung. Agenda dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Budaya, Indah Arvianti, S.S.,M.Hum. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada panitia, sponsor, dan peserta atas segala partisipasinya dalam menyukseskan agenda tahunan ini. Tak lupa pula, beliau memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi peserta yang mempersembahkan penampilan terbaiknya kali ini.

Tema yang diangkat dalam “English Day 2018” kali ini adalah “Unity in Diversity”, persatuan dalam perbedaan. “kita ambil tema ini karena kita hidup di Indonesia yang kaya akan ras, suku, agama dan budaya. Meski berbeda, kita adalah satu. Satu Negara, Indonesia. Bhinneka Tunggal Ika”, tandas Rifka Setiyawati, ketua panitia, saat ditemui oleh Humas Fakultas. Adapun penampilan/ pentas seni yang disuguhkan tahun 2018 antara lain Battle Beat Box, Drama Musikal, Unaki’s Got Talent in Drama, Magician Show, Break Dance, and Cross Cultural Understanding by Indian Students. What a great moment in this year !. Sampai jumpa di “English Day” tahun depan.

 

 

11 October 2018 By In Kegiatan Mahasiswa

Forum Komunikasi Islam Universitas AKI menggelar aksi donor darah sebagai salah satu rangkaian peringatan dies natalis UNAKI ke-24. Kegiatan donor darah dilakukan di Hall Gedung Universitas AKI Jl. Imam Bonjol No.15-17 Semarang. Tujuan diadakannya donor darah adalah menerapkan salah satu prinsip palang merah yaitu kemanusiaan. Dengan donor darah maka dapat membantu sesama manusia.

Kegiatan ini merupakan program kerja FKI Universitas AKI yang diadakan setiap 6 bulan sekali. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari kamis, 11 Oktober 2018 pukul 08.00 – 12.00 WIB. FKI Universitas AKI bekerja sama dengan pihak PMI Kota Semarang yang berjumlah 5 orang. Donor darah ini ditujukan untuk mahasiswa dan umum. Dengan panitia yang berjumlah 15 orang dengan persiapan kurang lebih 3 minggu.

Sebelum para peserta melakukan donor darah, mereka registrasi terlebih dahulu kemudian cek kesehatan untuk memastikan memenuhi persyaratan untuk diperbolehkan donor darah atau tidak. Dari 50 peserta pendonor yang terdiri dari mahasiswa dan karyawan hanya 31 pendonor yang dapat mendonorkan darahnya dan mendapatkan bingkisan dari PMI.

“Saya senang dapat melakukan donor darah, kegiatan ini bagus karena diadakan di lingkungan kampus yang rame, sehingga para mahasiswa tidak berjalan jauh apabila ingin donor darah. Dengan adanya kegiatan donor darah ini saya dapat membagikan sebagian darah saya untuk orang-orang yang memerlukan. Disamping itu donor darah juga menyehatkan bagi tubuh dan membuat tubuh menjadi segar.” Tutur Rio Eka Aditya mahasiswa dari psikologi yang merupakan peserta donor darah.

“Kegiatan donor darah pada hari kamis, 11 Oktober 2018 sudah berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan para panitia. Meskipun kurangnya jumlah panitia dikarenakan ada beberapa yang sedang melakukan kegiatan belajar mengajar (kuliah). Untuk kedepannya koordinasi antara panitia lebih dimantapkan dan promosi lebih diperluas lagi. Donor darah itu tidak sakit melainkan menyehatkan tubuh. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan.” Ungkap Alodia Ulima Abigael selaku ketua panitia dalam kegiatan ini.

30 November 2018 By In Kegiatan Mahasiswa

Himpunan Mahasiswa Psikologi UNAKI kepengurusan 2018/2019 kali ini mengadakan kegiatan kunjungan industri ke PT. Sinar Sosro Ungaran. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Psikologi UNAKI, yang bertujuan sebagai kegiatan rekreatif sekaligus kegiatan yang dapat menambah pengalaman mahasiswa Psikologi UNAKI untuk mengenal lingkungan perusahaan, baik dari segi produksi, pemasaran, dan terutama pengelolaan sumber daya manusianya. Kegiatan ini bertepatan setelah mahasiswa menyelesaikan Tes Tengah Semester Tahun Ajaran 2018/2019, sehingga kegiatan ini juga memberikan manfaat bagi mahasiswa sebagai moodbooster setelah perkuliahan di kelas dan tes yang menguras tenaga dan pikiran.

Kunjungan industri kali ini menunjuk salah satu perusahaan nasional, yaitu PT. Sinar Sosro, yang terkenal dengan perusahaan teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia. Mahasiswa beserta Dosen Fakultas Psikologi mengunjungi  salah satu lokasi Pabrik PT. Sinar Sosro yang berada di Bergas, Ungaran, Kabupaten Semarang. Pada hari Kamis, tanggal 29 Nopember 2018 pukul 10.30 WIB, kami berangkat dari Kampus UNAKI menuju lokasi kunjungan. Tiba di lokasi, kami disambut oleh staff bagian pemasaran, Ibu Mega, yang selanjutnya akan mendampingi kami selama kunjungan di PT. Sinar Sosro.  Sesi pertama kunjungan kami diarahkan untuk foto bersama terlebih dahulu di depan aula, kemudian kami diarahkan ke Ruang Display, dimana ruang ini kami disuguhkan welcome drink, berupa Teh Botol Sosro dan melihat profil, sejarah, penghargaan perusahaan yang ditampilkan melalui pigura dan gambar-gambar. Sesi Kedua, kami diarahkan ke suatu ruangan, dimana diperlihatkan video company profile PT. Sinar Sosro dan proses produksi Teh Botol Sosro. Setelah itu waktunya diskusi, berbagi cerita, dan tanya jawab perihal PT. Sinar Sosro, terkait produk, pemasaran, serta karir dan pekerjaan, yang dipandu langsung oleh Ibu Mega. Mahasiswa Fakultas Psikologi cukup antusias untuk bertanya dan mencari tahu di sesi diskusi ini, tidak terkecuali para Dosen. Sesi ketiga, waktunya kami ditunjukkan bagaimana proses produksi secara langsung dari Teh Botol Sosro. Kami ditunjukkan bagaimana botol dicuci, dibersihkan, diisi dengan teh, kemudian bagaimana teh mulai dikemas untuk didistribusikan. 

Kegiatan kunjungan industri ini dapat menjadi penyemangat mahasiswa Psikologi UNAKI untuk selalu belajar apapun agar mencapai tujuan yang diinginkan, disamping itu, kegiatan ini dapat bertujuan sebagai kegiatan rekreatif, agar tidak mudah jenuh dengan perkuliahan di kelas. Banyak hal yang dipelajari dari kunjungan industri kali ini, selain mengetahui seluk beluk produk Teh Botol Sosro, kita dapat mengetahui gambaran perusahaan secara umum, terkait pemenuhan dan pengelolaan sumber daya manusia. Di Fakultas Psikologi UNAKI, kegiatan seperti ini akan terus dilakukan, dengan harapan, bahwa mahasiswa tidak hanya dapat mengandalkan hasil akademisnya saja untuk bersaing di dunia kerja namun kemampuan non akademis yang positif juga perlu dipertimbangkan untuk mencapai tujuan dan bersaing di dunia kerja kelak.

 

Page 1 of 6
You are here: Home Akademik Kegiatan Mahasiswa